Belum Punya Nilai Standar, Alasan Pegadaian Belum Terima Gadai Batu Akik

Belum Punya Nilai Standar, Alasan Pegadaian Belum Terima Gadai Batu Akik

HarianDepok.com – Bisnis , Walau saat ini harga batu akik tengah melambung tinggi,  namun PT Pegadaian (Persero) menyatakan, pihaknya belum dapat menerima batu akik sebagai barang yang layak untuk dijadikan jaminan transaksi gadai di manajemen kantor setempat. Hal tersebut salah satunya dikatakan oleh Sri Yuli Astutik, yang merupakan Kepala PT Pegadaian (Perseto) Cabang Ngawi, dalam menanggapi fenomena penjualan batu akik yang harganya sudah menyamai bahkan ada juga yang melebihi harga emas.

Seperti yang dikatakan Sri Yuli Astutik kepada wartawan, Senin (29/06/2015), “Pegadaian belum dapat menerima batu akik sebagai jaminan. Hal tersebut karena batu akik belum mempunyai nilai standar,” ujarnya. Tidak hanya itu, dari pihak Pegadaian juga belum mempunyai peralatan serta tenaga ahli yang mumpuni untuk menaksir harga dari jenis batu akik yang sudah ada di pasaran. Saat ini PT Pegadaian (Persero) juga tengah melakukan kajian terhadap batu tersebut.

Bila melihat fenomena dari penjualan batu akik serta penggemarnya yang luar biasa apakah layak atau tidak sebagai barang investasi yang bisa dijadikan jaminan.  “Pegadaian selama ini hanya menerima gadai perhiasan jenis emas dan berlian saja. Pasalnya  kedua jenis perhiasan itu telah memiliki standar harga di pasar internasional,” ungkapnya dia.  Sedankan menurut M Rizal, salah satu pecinta batu akik di Ngawi menilai, jika batu mulia akik layak untuk dijadikan sebagai perhiasan investasi yang dapat digadaikan seperti halnya logam mulia.

Faktor pendorong penggolongan kelas batu akik seperti halnya emas dan sekarang sudah mulai melakukan sertifikasi untuk batu akik jenis tertentu. Sehingga mutunya benar-benar sudah terjamin.  Ia mengungkapkan, saat ini fenomena batu akik sudah berdampak luar biasa untuk masyarakat dan negara. Akik sudah menjadi ikon yang ikut meningkatkan perekonomian negara.

Dari sebuah batu akik bisa menimbulkan sebuah kegiatan kompleks. Mulai dari penambangnya, perajin akiknya, penjualnya, sampai penggemarnya. Ia pun berharap jika batu akik dapat mempunyai prospek yang cerah untuk ke depannya. Pemerintah dianjurkan turun tangan untuk mengeluarkan standar khusus bagi batu akik supaya batu mulia tersebut dapat mempunyai pasar dan harganya pun menjadi stabil layaknya emas.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: