Polresta Depok Berhasil Tangkap Pelaku Pengoplos Gas Yang Beroperasi di Beji

Polresta Depok Berhasil Tangkap Pelaku Pengoplos Gas Yang Beroperasi di Beji

HarianDepok.com – Berita – Beji , Kepolisian kota Depok dalam mengamankan  para pelaku tindak kriminal di wilayahnya saat ini telah melakukan penangkapan terhadap ER (35th) pemilik sub agen gas Kurnia Tebu Gas yang berlokasi di Jalan KH M Usman, Beji, Depok, Jawa Barat.

Ditangkapnya ER oleh petugas kepolisian kota Depok diduga karena ER selaku pemilik sub agen tersebut telah terbukti melakukan pengurangan isi tabung gas berukuran 12 kilogram sebanyak satu kilo pertabungnya dan ditampung di tabung yang kosong untuk dijual kembali ke masyarakat. Hingga kini pelaku telah diamankan dan diperiksa secara intensif oleh pihak kepolisian.

“Kasusnya pengurangan isi gas. Tabungnya yang sudah dikurangi isinya kemudian dijual ke konsumen sedangkan isi yang telah dikurangkan ditampung di tabung kosong untuk dijual kembali ke konsumen,” terang Kepala Polres Kota Depok, AKBP Dwiyono.

Modus yang digunakan pelaku dalam melakukan aksinya tersebut untuk mendapatkan untung berlipat ganda yaitu dengan cara mengoplos semua isi tabung gas yang dengan dikurangi isinya sebanyak satu kilogram dan dimasukan ke dalam tabung kosong lainnya dengan cara menyuntik sendiri isinya untuk dijual kembali ke konsumen.

“Hal ini sangatlah jelas merugikan konsumen. Oleh sebab itu pelaku langsung kami tangkap dan kami bawa ke kantor guna mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum,” ujarnya.

Dengan dibantu oleh dua orang karyawannya, pelaku bisa mengoplos isi tabung perharinya hingga mencapai 300 tabung dan dimasukkan kembali ke tahung lainnya dengan rata rata keuntungan bersih yang didapat mencapai Rp 3 juta per hari. “Pelaku dalam sehari bisa mengurangi isi sebanyak 300 tabung. Dan keuntungan yang bisa didapat mencapai 100 juta lebih dalam sebulan,” ujar Dwiyono

Agar dapat melancarkan perbuatannya tanpa dicurigai oleh konsumen, pelaku telah menyiapkan beberapa perlengkapan penunjang seperti, timbangan, selang regulator, ratusan tabung gas dan ribuan lembar segel plastik yang bertuliskan ‘PT Bangun Reka Sakti’. Semua perlengkapan tersebut kini diamankan polisi untuk dijadikan sebagai barang bukti.

“Ini sangatlah merugikan konsumen, oleh sebab itu kami langsung adakan penyelidikan dan melakukan penangkapan. Dari penangkapan kali ini, kami berhasil menangkap pelaku dan dua orang karyawannya serta mengamankan beberapa barang bukti,” terangnya.

Hingga kini kasus pelaku masih ditangani oleh kepolisian kota Depok. ER dijerat dengan pasal berlapis tentang perlindungan konsumen dan tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara lima tahun.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)