Obama Ucapan Selamat Atas di Legalkannya Pernikahan Sejenis

Obama Ucapan Selamat Atas di Legalkannya Pernikahan Sejenis

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) telah mengambil keputusan yang mengejutkan. Atas kemenangan dari  gugatan yang diajukan Jim Obergefell, AS pun akhirnya melegalkan pernikahan sejenis di seluruh negara bagiannya. Obergefell adalah pemimpin kaum LGBT AS, yang telahmengajukan gugatan supaya pernikahan sejenis dapat disahkan di AS. Tuntutannya tersebut dikabulkan oleh Hakim Anthony Kennedy.

Seperti yang dikutip dari CNN, Sabtu (27/06/2015), Hakim tersebut telah mengabulkan gugatan yang diajukan oleh Obergeffel usai 5 dari 9 hakim anggota persidangan menyetujui dan mengasahkan permohonan legalisasi ini. “Tidak ada ikatan yang lebih tinggi dari pernikahan untuk mewujudkan cita-cita tertinggi dari cinta, pengabdian, kesetiaan, keluarga dan pengorbanan,” tutur Kennedy.

“Mereka meminta untuk disamakan haknya di mata hukum. Konstitusi pun sudah mengabulkan hak mereka,” sambungnya. Setelah diputuskan, sebagian hakim dipersidangan tersebut tidak menerima keputusan kontroversial ini. Salah satunya adalah Anthony Scalia, seorang hakim senior di AS.  Sejak awal pria tersebut menantang habis-habisan gugatan yang diajukan oleh Obergefell. Hingga Ia menyebut akan ada bahaya besar di depan setelah putusan ini keluar.

“Putusan ini merupakan bahaya besar bagi demokrasi di AS,” uajrnya. “Bagi saya pribadi substansi keputusan ini sama sekali tidak penting. Namun yang paling menggejutkan adalah dalam persidangan ini keangkuhan sangat terlihat,” pungkasnya.

Meski kerap diselimuti dengan pro-kontra, setelah putusan diumumkan, Presiden AS, Barack Obama pun mengeluarkan pernyataan resmi. Ia menyebut putusan ini merupakan langkah maju bagi negara ini dalam hal persamaan hak. “Semua warga AS, harus mempunyai kesempatan yang sama di bawah hukum yang berlaku,” ujar Obama. “Putusan tersebut semakin memperkuat persamaan hak di AS di semua elemen masyarakat dan komunitas,” tutur orang nomor satu di AS ini.

Saat mendengar dukungan serta ucapan selamat dari Obama, Jim Obergefell pun merasa sangat terharu. Bahkan ia menghaturkan ucapan terima kasih secara langsung kepada Obama. “Saya sangat mengapresiasi ini bapak Presiden, Saya merasa sangat terhormat dapat ikut dalam perjuangan ini,” ucapnya. Dengan hasil putusan ini, AS menjadi negara ke-21 yang telah mengesahkan pernikahan sesama jenis. Langkah kontroversial ini juga sempat diambil oleh Republik Irlandia sebulan yang lalu.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok