Memakai Alas Dudukan Toilet Tak Cegah Infeksi

HarianDepok.com – Kesehatan – Apakah Anda termasuk orang yang selalu menggunakan alas kertas di dudukan toilet setiap kali memakai toilet umum? Ternyata alas kertas semacam itu tak menjamin bisa mencegah infeksi kuman.

Banyak orang memakai alas dudukan toilet untuk menghindari penularan kuman dari orang lain atau cipratan yang tertinggal di toilet. Tetapi sebenarnya usaha tersebut tak banyak gunanya.

Menurut Dr.William Schaffner, profesor pencegahan penyakit, memberikan alas pada dudukan toilet sebenarnya hanya membuat kita nyaman, tapi tidak bisa mencegah penularan kuman. 

“Ini karena dudukan toilet bukanlah sarana penularan kuman. Kita tidak akan tertular apa pun,” katanya seperti dikutip HuffingtonPost.

Selama ini kita mungkin sering menganggap dudukan toilet di toilet umum adalah tempat yang penuh kuman yang bisa membuat kita terkena infeksi, terutama yang berkaitan dengan organ genital dan saluran kemih. 

Meski begitu, dudukan toilet memang mengandung kuman, misalnya saja E.coli dan streptococcus yang bisa menyebabkan kita diare. Tetapi, kulit adalah benteng perlindungan tubuh dari kuman dan bakteri.

Salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit yang efektif sebenarnya adalah mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet. Kebiasaan mencuci tangan akan menurunkan risiko penyakit diare hingga 50 persen.    [ADM/HD] (Sumber :KompasHealth.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer