Tips Tepat Mudik Menggunakan Sepeda Motor Menjadi Nyaman

Tips Tepat Mudik Menggunakan Sepeda Motor Menjadi Nyaman

HarianDepok.com – OtoNews , Menjelang sepekan Hari Raya Idulfitri, sebagian besar masyarakat Indonesia akan melakukan tradisi mudik lebaran untuk berkumpul bersama sanak saudaranya di kampung halaman. Aktivitas mudik memang identik dengan perjalanan luar kota yang akan menguji stamina. Pengendara dituntut untuk melakukan persiapan prima agar selamat ke tempat yang dituju.

Mengingat akan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup panjang, Bagi para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor tentunya harus mempersiapkan segala perlengkapan termasuk riding gear yang tepat. Selain itu, pakaian yang dikenakan pun harus tetap nyaman selama di perjalanan. Seperti apakah perlengkapan yang cocok untuk berkendara jarak jauh? berikut adalah uraian singkatnya:

  1. Helm

Perlengkapan pertama yang wajib dikenakan adalah helm. Pakailah helm berstandar nasional dan internasional saat berkendara jarak jauh seperti mudik. Ada baiknya jika menggunakan helm model full face karena dapat melindungi bagian kepala secara menyeluruh, terutama pada bagian wajah. Dan pastikan pula helm yang dikenakan telah terkancing dengan benar.

  1. Jaket

Jaket yang yang dikenakan saat mudik kali ini bukanlah seperti jaket yang dikenakan sehari-hari, seperti sweater dan sejenisnya melainkan jaket khusus untuk berkendara. Jaket ini mempunyai bahan yang cukup tebal namun memiliki sirkulasi udara yang cukup baik sehingga tidak akan gerah saat dikenakan. Tidak hanya itu, jaket seperti ini juga sudah memiliki lapisan busa pelindung yang cukup tebal di beberapa bagian seperti siku dan bahu untuk meminimalisir efek benturan saat terjadi insiden.

  1. Pelindung lutut

Pelindung lutut juga berguna untuk melindungi lutut dari efek benturan yang cukup parah saat terjadi insiden sehingga bisa meminimalisir cidera.

  1. Sepatu

Perlengkapan terakhir yang harus dikenakan saat berkendara jarak jauh adalah sepatu. jika mengingat kondisi perjalanan yang panjang membutuhkan berbagai perlengkapan yang mendukung keselamatan. Walau demikian, kenakanlah sepatu tapi yang memiliki sol yang tidak terlalu tebal. Hal ini sangat penting, agar kaki Anda tetap sensitif ketika menginjak gigi perseneling menginjak maupun rem.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: