‘Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta’ Borong Saham, Grup MNC: Ini Fitnah

HarianDepok.com – Berita Nasional – Industri pasar modal dihebohkan transaksi borong saham emiten-emiten Grup MNC oleh investor bernama ‘Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta’. Saham yang dibeli nilainya cukup besar, mencapai Rp 869,8 miliar.

Grup MNC langsung membantah kabar ini. Juru Bicara MNC Arya Sinulingga mengatakan tidak ada nama investor yang tidak valid seperti ‘Tanoesoedibjo Prabowo Hatta’.

“Itu kan kelihatan anehnya, mana ada nama seperti itu. Ini sarat unsur politis dan penipuan. Ini Fitnah,” katanya kepada detikFinance, Jumat (20/6/2014).

Selain itu, Arya mensinyalir berita pembelian saham itu yang pertama kali muncul di sebuah situs berita adalah berita advertorial alias iklan. Berarti, kata Arya, ada pihak yang membayar supaya berita tersebut bisa tayang.

“Kita sedang telusuri ini, pertama kali beritanya muncul itu bentuknya advertorial. Itu kan berarti bayar. Ini settingan,” jelasnya.

Ia juga menyayangkan situs-situs berita lain yang langsung mengutip berita tersebut tanpa konfirmasi ke Grup MNC. Dugaan sementara dari penyelidikan yang dilakukan Arya adalah situs yang pertama kali memunculkan berita pembelian saham itu terafiliasi dengan salah satu tim sukses pasangan sukses.

“Sepertinya situs tersebut merupakan afiliasi salah satu tim sukses. Ini masih kami selidiki,” ujarnya

Lalu bagaimana dengan foto yang menunjukkan di data Bloomberg tercatat nama Tanoesoedibjo Prabowo Hatta?

“Takutnya itu sudah diutak-atik, karena kan tidak mungkin nama investor aneh begitu bisa muncul,” ujarnya.

Dugaan Arya, data tersebut sudah diutak-atik atau foto yang menunjukkan data itu sudah diubah memakai perangkat lunak grafis.

Seperti diketahui, beredar data ada investor bernama ‘Tanoesudibjo Prabowo-Hatta’ membeli saham MNC Group dengan total nilai mencapai Rp 869,8 miliar. Dana itu digunakan untuk membeli saham 4 perusahaan milik pengusaha Harry Tanoesudibjo itu di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perinciannya, sebesar Rp 712.7 miliar untuk membeli 6,13% saham PT MNC Investama Tbk (BHIT), Rp 112 miliar dibelikan 1,38% saham PT MNC Land Tbk (KPIG), Rp 33,4 miliar untuk membayar 0,11% saham PT Global Mediacom Tbk (BMTR), dan sebesar Rp 11,8 miliar untuk membeli 0,03% saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer