Waspadai Peredaran Merica Bubuk Berbahan Baku Semen di Kota Depok

Waspadai Peredaran Merica Bubuk Berbahan Baku Semen di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan kota Depok dalam menanggulangi adanya bahan makanan berbahaya yang beredar di wilayahnya tersebut gencar melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar dan rumah makan di kota Depok. Hal ini dilakukannya karena hingga sampai saat ini rantai distribusi pangan berbahaya ini masih terus terjadi.

Tak hanya bahan makanan berbahaya saja yang banyak ditemui di pasaran, namun kini ada juga bumbu yang menggunakan bahan bangunan seperti bubuk semen yang dicampurkan ke dalam merica bubuk. Jika masuk ke dalam tubuh, maka akan menimbulkan kerusakan organ dalam tubuh yang bisa menyebabkan kematian.

Kepala Seksi Pengawaaan Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok, Sih Mahayanti dalam menanggapi hal baru tersebut meminta kepada seluruh masyarakat kota Depok untuk selalu meneliti dan berhati hati dalam membeli bahan makanan termasuk bumbu jadi di pasaran. “Sampai saat ini kami terus melakukan tindakan berupa inspeksi mendadak ke sejumlah pasar dan rumah makan yang ada di kota Depok. Kami juga memastikan bahwa peredaran bubuk merica palsu di kota Depok masih terbilang aman,” katanya di Depok, Kamis (25/06/2015).

Dirinya pun mengatakan, meski kota Depok terbilang aman dari adanya peredaran bubuk merica palsu ini, namun dirinya tetap menyarankan kepada seluruh masyarakat kota Depok untuk tetap waspada dan berhati hati dalam membeli bahan makanan yang dijajakan di pasar pasar. “Kami jelas mengecam adanya peredaran bubuk merica palsu di kota Depok. Ini musti diwaspadai oleh masyarakat. Jangan sampai terkecoh, harus teliti dulu sebelum membeli,” tegasnya.

Meski pihaknya telah memberikan lampu hijau kepada masyarakat yang aman akan adanya peredaran bubuk merica palsu, namun hal tersebut tetap meresahkan masyarakat. Apalagi bahan campuran yang digunakannya adalah bahan baku bangunan yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Menurut informasi yang dihimpun dari rekan rekan media di lapangan, bahwa peredaran bubuk merica palsu ini sudah beredar luas di beberapa kota di pulau jawa, diantaranya adalah kota Garut, Klaten, Surabaya dan Bondowoso.

Terkait permasalahan tersebut, Kapolresta Depok AKBP Dwiyono menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya warga Depok untuk lebih selektif dalam membeli bahan makanan. Dirinya pun berjanji akan terus melakukan pengamanan terhadap peredaran bahan pangan berbahaya di kota Depok.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)