Dishub Kota Depok, Per Tanggal 01 Januari 2017 Seluruh Angkot Yang Beroperasi Wajib Berbadan Hukum

Dishub Kota Depok, Per Tanggal 01 Januari 2017 Seluruh Angkot Yang Beroperasi Wajib Berbadan Hukum

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya tindak kriminal yang terjadi di dalam angkutan kota saat ini, menjadi salah satu penyebab enggannya masyarakat kota Depok untuk dapat beralih menggunakan layanan jasa transportasi masal tersebut sehingga kendaraan pribadi kini masih menjadi alat transportasi terfavoritnya untuk digunakan sehari harinya.

Untuk mengatasi problema akut tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok yang bekerjasama dengan pihak kepolisian, saat ini tengah gencar gencarnya melakukan razia terhadap angkot angkot yang ada di wilayah kota Depok dengan target sasarannya, dokumen perlengkapan, seragam kerja, keamanan dan kenyamanan pada angkot angkot yang ada.

Sedikitnya terdapat 230 angkot yang terjaring razia pada waktu itu. Tak hanya sampai disitu saja, demi membenahi hal hal tersebut Dishub juga tengah merencanakan pembenahan dengan akan memberlakukan angkutan kota (Angkot) yang ada di Depok yang berbadan hukum. Hal ini dilandasi oleh adanya instruksi dari Kementrian Perhubungan yang berisi untuk segera membenahi struktur organisasi angkutan kota yang berbadan hukum.

Upaya tersebut mengacu kepada banyaknya tindak kriminal dan kejahatan lainnya yang terjadi di dalam angkutan umum tersebut. Dengan direalisasikannya kebijakan pusat ini, diharapkan untuk kedepannya pelayanan serta keamanan di angkutan kota menjadi lebih baik sehingga masyarakat mau untuk beralih menggunakan jasa layanan transportasi umum tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, rencana pemberlakuan angkutan kota yang berbadan hukum ini akan dimulai pada 01 Januari 2017 mendatang. Hal ini mengacu kepada undang undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang berisi bahwa setiap perusahaan angkutan umum yang beroperasi, wajib berbadan hukum.

“Seluruh angkutan kota yang beroperasi khususnya di wilayah Depok, per tanggal 01 Januari 2015 akan diwajibkan berbadan hukum. Badan hukumnya boleh berbentuk PT ataupun Koperasi. Ini kita wajibkan tahun depan agar pengawasan terhadap angkutan kota bisa lebih mudah dan terkontrol.” Ungkapnya kepada wartawan, Rabu (24/06/2015).

Untuk bisa merealisasikan angkutan kota Depok yang berbadan hukum, pihaknya nanti akan melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada seluruh angkot, dengan tahap pertamanya adalah melakukan penyuluhan terhadap seluruh pengusaha angkot untuk segera mengurus semua perizinannya yang ditargetkan akan rampung pada tahun 2016 mendatang.

Dengan dibentuknya angkutan kota yang berbadan hukum, akan mempermudah petugas untuk dapat mengkontrol dan mengawasi seluruh kegiatan angkot dan teknis dilapangannya sehingga bisa tercipta angkutan kota yang aman dan nyaman.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)