Pesantren Ini Catat Rekor Shalat Tarawih Tercepat di Dunia

Pesantren Ini Catat Rekor Shalat Tarawih Tercepat di Dunia

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sejatinya shalat itu merupakan sebuah dialog antara seorang hamba dengan Tuhannya. Pada bulan ramadahan, selain salat wajib terdapat juga shalat sunah yang pada umumnya dikerjakan pada malam hari, yaitu shalat Tarawih. Dalam melaksanakan shalat Tarawih, terdapat sebuah perbedaan dalam menjalankannya. Ada yang mengerjakan delapan rakaat, ada juga yang hingga 20 rakaat.

Shalat Tarawih sendiri pada mumnya akan memakan waktu sampai 20 menit jika yang mengerjakan delapan rakaat, ditambah dengan shalat Witir tiga rakaat. Patinya waktu pun akan bertambah jika mengerjakan shalat Tarawih yang 20 rakaat. Namun bagaimana jika shalat Tarawih yang 20 rakaat ditambah shalat Witir tiga rakaat dapat dikerjakan hanya dengan kurun waktu 15 menit saja? Sangat luar biasa bukan?

Namun yang terjadi di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan udanawu, Blitar faktanya memang demikian. Jangka waktu shalat yang relatif singkat itu sehingga membuat mesjid tempat yang melaksanakan shalat tarawih tersebut dipenuhi oleh orang-orang yang tidak kuat shalat yang terlalu lama. Jamaahnya pun kebanyakan adalah anak muda walau juga terdapat beberapa orang tua juga. Seperti yang dikutip dari NU Online, Jamaah shalat Tarawih kilat tersebut mencapai hingga lima ribu orang.

Para jamaah pun bukan hanya orang Blitar saja, tapi juga dari Tulungagung dan Kediri. Tidak hanya sampai di situ saja, di Youtube pun beredar sebuah video rekaman yang menunjukkan para Jamaah shalat  Tarawih di sebuah mesjid dilakukan dengan sangat cepat. Salat tarawih tersebut mampu diselesaikan dalam kurun waktu tujuh menit saja. Namun belum diketahui dengan pasti di manakah mesjid yang dimaksud dalam video yang diunggah pada tanggal 29 September 2012 itu.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: