Bau Mulut Saat Berpuasa? Berikut Cara Menghilangkannya

Bau Mulut Saat Berpuasa? Berikut Cara Menghilangkannya

HarianDepok.com – Kesehatan , Di bulan Ramadhan, kita hanya makan ketika sahur dan saat berbuka puasa. Kerapkali, saat menjalani puasa aroma napas kita menjadi tidak enak. Aroma napas yang tidak enak itu sedikit mengganggu di saat kita tengah berbicara dengan orang lain.  Namun jangan sedih, seperti yang dikutip dari boldsky, Selasa (23/06/2015), berikut adalah beberapa tips untuk menjaga aroma napas agar tetap segar saat menjalani ibadah puasa;

  1. Kumur dengan baking soda

Bila Anda memiliki baking soda di rumah, ini bisa digunakan untuk menghilangkan aroma napas yang bau. Caranya, campurkan seperempat gelas baking soda dengan dua sendok makan lemon dan garam. Kemudian pakailah untuk berkumur, dengan cara tersebut bisa membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan aroma napas menjadi bau.

  1. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah bisa mengurangi bau aroma napas yang bau saat berpuasa. Sempatkanlah mengonsumsi sayur dan buah ketika makan sahur. Sayur dan buah juga secara alami bisa membersihkan gigi karena dapat menghilangkan plak yang ada di gigi Anda.

  1. Keju

Keju memang jenis makanan yang disukai banyak orang, namun makanan ini dapat menyebabkan aroma napas menjadi bau. Menghindari mengonsumsi keju serta makanan yang mengandung keju bisa menjadi alternatif untuk meminimalisir masalah tersebut. Tapi bila Anda tetap ingin mengonsumsi keju, solusinya adalah dengan mengisap potongan lemon usai makan. Karena Lemon berguna untuk membunuh bakteri yang ada di mulut.

  1. Bawang merah dan bawang putih

Hindari juga makanan yang banyak mengandung bawang merah dan bawang putih. Karena bau bawang merah dan bawang putih akan tetap bertahan selama Anda menjalankan puasa. Anda juga tidak bisa menutupi bau bawang tersebut dengan mengonsumsi makanan lain selama menjalankan puasa.

  1. Banyak minum

Dehidrasi ketika menjalankan puasa bisa menyebabkan aroma  napas menjadi bau. Konsumsilah air putih yang banyak saat makan sahur dan ketika berbuka puasa.  Air yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa adalah sekitar 3 liter.

  1. Makan banyak karbohidrat

Kurangnya konsumsi karbohidrat pada tubuh bisa menimbulkan aroma yang tidak enak pada mulut. Mengonsumsi karbohidrat yang cukup ditambah biji-bijian, pisang, dan gandum bisa mencegah aroma tidak sedap pada mulut di siang hari

  1. Cairan pencuci mulut

pencuci mulut atau Mouth wash bisa digunakan usai makan sahur. Cairan ini selain berguna untuk membuat napas segar, namun juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada gigi. Namun mesti di ingat, pastikan cairan ini tidak tertelan.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: