Pertamina Akan Banderol Pertalite di Bawah Rp 8.500/ Liter

Pertamina Akan Banderol Pertalite di Bawah Rp 8.500/ Liter

HarianDepok.com – Bisnis , PT Pertamina (Persero) berencana akan mulai debut penjualan bahan bakar minyak (BBM) baru dengan merek Pertalite usai Hari Raya Idul Fitri. BBM beroktan 90 ini pada tahap awal terlebih dulu bakal dijual di kota-kota besar. Ahmad Bambang selaku Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina menyebutkan, soal harga yang akan dipatok untuk BBM jenis baru ini tidak akan melebih dari Rp 8.500 per liter, atau lebih murah dari harga Pertamax yang dibanderol seharga Rp 9.300 per liter.

“Harganya akan di bawah Rp 8.500 per liter,” ucapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/06/2015). Bambang mengungkapkan, kisaran harga tersebut sudah cukup ideal. Menurut dia, yang penting kerugian yang akan didapatkan Pertamina dari penjualan BBM jenis baru itu tidak sebesar kerugian akibat penjualan premium. “Yang penting kalau pun rugi tidak serugi kayak menjual premium,” sanbungnya. Pertamina berencana akan memasok Pertalite sebanyak 1.000 kiloliter (kl) per hari. Jumlah tersebut diprediksi dapat meningkat mengikuti kebutuhan di lapangan.

“Di awal volumenya 1.000 kl per hari. Nanti akan naik. Karena pertamax saja sudah 7.000 kl,” ucapnya. Menurut Bambang, Pertamina akan mengurangi pasokan BBM jenis lain bila permintaan Pertalite terus meningkat. Tapi, bukan berarti Pertamina bakal mengurangi pasokan BBM jenis premium. “Nanti tergantung dari perkembangan pasarnya, jadi tidak otomotatis premium yang akan diturunkan volumenya. Namun  kemungkinan besar BBM jenis premium otomatis konsumsinya akan menurun,”.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: