Manfaat Konsumsi Cabai Saat Berpuasa

Manfaat Konsumsi Cabai Saat Berpuasa

HarianDepok.com – Kesehatan , Pada umumnya kebanyakan orang menganggap, mengonsumsi cabai  saat sahur atau ketika berbuka dikhawatirkan akan mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mules-mules. Namun menurut seorang pakar kesehatan, cabai boleh saja dikonsumsi ketika sahur dan saat berbuka. Pasalnya  cabai mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan mineral, sehingga cabai mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang diungkapkan Dr Ari Fahrial Syam yang merupakan pakar Kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Senin (22/06/2015), “Cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, kandungan analgetik yang terdapat pada cabai bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit kepala,” ujarnya. Karena mempunyai kandungan capsaicin, cabai juga mampu menciptakan rasa pedas yang akan membuat kita menjadi lahap dalam menyantap setiap makanan yang dihidangkan.

Makanan yang kelihatannta tidak enak sekali pun akan berubah menjadi lezat jika ditambahkan dengan campuran cabai. Apalagi di Bulan Ramadan, rasanya kurang lengkap jika menyantap gorengan ketika berbuka tidak dimakan berbarengan dengan sebuah cabai atau tidak dicocol dengan saus sambal. Namun, bagi mereka yang mempunyai masalah pencernaan, cabai masih bisa dikonsumsi asal tidak berlebihan.

“Cabai justru akan membantu melancarkan buang air besar yang terkadang sulit ketika kita berpuasa karena kurangnya mengonsumsi air,” sambungnya. Ia pun menjelaskan, cabai juga mengandung mineral dan vitamin yang juga dibutuhkan tubuh ketika berpuasa. Bahkan, kandungan tersebut juga bisa menghilangkan sakit kepala dan rasa pegal yang sering timbul ketika tubuh merasa lelah.

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: