Proyek Pembangunan Gedung Baru SDN Pondok Cina 1 dan 2, Depok Akan dikerjakan Setelah Lebaran

Proyek Pembangunan Gedung Baru SDN Pondok Cina 1 dan 2, Depok Akan dikerjakan Setelah Lebaran

HarianDepok.com – Berita – Beji , Pemerintah kota (Pemkot) Depok kedepannya berencana akan membangun sebuah gedung baru untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 dan 4 yang pada gedug lamanya tersebut telah dikosongkan sejak bulan April 2015 lalu karena adanya penertiban Garis Sepadan Bangunan (GSB) di Jalan Raya Margonda.

Untuk membangun gedung baru tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyiapkan dana sebesar Rp 3,1 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) daerahnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SD dan SMP Dinas Pendidikan, Wahyu Hidayat mengungkapkan bahwa ada dua gedung sekolah yang dikosongkan imbas dari GSB yang diterapkan di Jalan Margonda Raya. “Pada bulan April lalu sudah akan dilelang, namun karena ada kendala teknis pada saat itu mangkanya baru bulan ini lelang dilakukan lagi. Ini sudah pasti berjalan,” terangnya, Senin, (22/06/2015).

Untuk mengantisipasi terjadinya ‘lost study’ seluruh siswa di kedua sekolah tersebut, telah dialihkan sementara waktu ke SDN Pondok Cina 2, 5 dan SDN Kemiri Muka 1. “Surat perintah pengerjaan proyek pembangunan gedung baru SDN Pondok Cina 1 dan 2 sudah keluar, namun pelaksanaannya baru akan dimulai setelah hari raya Idul Fitri tahun ini,” ungkapnya.

Dari keterangannya tidak hanya SDN Pondok Cina 1 dan 2 saja yang akan direlokasi, namun SDN Cinere 1 dan Cilangkap 8 juga mengalami hal yang serupa dikarenakan pada kondisi sekolah tersebut saat ini sudah tidak layak pakai lagi. Untuk pembangunannya tersebut Wahyu mengatakan telah mempersiapkan dana sebesar Rp 4,1 miliar dari APBD kota Depok.

Namun hal tersebut masih terkendala dengan belum didapatkannya lokasi yang cocok untuk membangun gedung baru pengganti gedung lama SDN Cinere dan Cilangkap. “Masih terkendala dengan dengan belumbadanya lokasi yang cocok. Jadi kemungkinan besar akan dialihkan dulu sementara waktu ke sekolah lain,” katanya.

Menurut keterangannya, bahwa Pemerintah Depok juga berencana akan merenovasi 27 sekolah SD lainnya yang telah dinyatakan sudah tidak layak pakai. Untuk merealisasikan hal tersebut, pemkot Depok telah menyisihkan APBD nya sekitar Rp 45 miliar yang akan digunakan untuk merehabilitasi bangunan sekolah yang rusak serta penambahan ruang kelas baru.

Tak hanya sekolah SD saja yang ditehabilitasi, namun empat gedung SMP pun juga telah direncanakan untuk direnovasi dengan perkiraan biaya sebesar Rp 10 miliar yang akan dialokasikan untuk perbaikan struktur gedung dan penambahan ruang kelas baru. “Untuk proses pertama akan berjalan setelah lebaran dan untuk tahapan berikutnya, akan dilakukan pada bulan Agustus dan September 2015,”katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)