Miris! Terowongan Penghubung Kel Ratu Jaya dan Cipayung, Depok Jadi Tempat Pembuangan Sampah Liar

Miris! Terowongan Penghubung Kel Ratu Jaya dan Cipayung, Depok Jadi Tempat Pembuangan Sampah Liar

Foto from pojok jabar post

HarianDepok.com – Berita – Cipayung & Pancoran Mas , Sampah menjadi salah satu persoalan yang paling krusial yang dihadapi oleh seluruh jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Meski sudah diterbitkan larangan dan sanksi sanksi tegas, namun hal tersebut tidak menjadi persoalan oleh para pembuang sampah liar yang tidak mempedulikan lingkungan dan kesehatan.

Di terowongan yang menghubungkan Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung dan Kelurahan Depok, Pancoran Mas, banyak ditemui sampah sampah berserakan yang menimbulkan bau tak sedap akibat dari pembusukan. Ironisnya, sampah sampah tersebut dibuang begitu saja oleh warga yang melintas tanpa mempedulikan kesehatan dan lingkungan.

Meski larangan dan sanksi tegas telah diumumkan lewat spanduk yang terpasang di sepanjang terowongan tersebut, namun hal tersebut dianggapnya sebagai iklan belaka. Hal ini perlu adanya tindakan tegas dari instansi terkait secepat mungkin. Jika diniarkan begitu saja, maka dipastikan terowongan penghubung tersebut akan berubah menjadi tempat pembuangan sampah.

Nanda, Warga RW 02, Kelurahan Ratu Jaya, Depok mengaku geram dengan perilaku pengguna jalan yang kerap membuang sampah seenaknya di terowongan tersebut. Hal ini sudah berulang kali terjadi. Meski Dinas Kebersihan kerap turun tangan membersihkan tempat tersebut namun tetap saja masih banyak yang membuang sampah seenaknya.

“Iya mas, banyak banget yang buang sampah disini. Pernah ketahuan sama saya terus saya tegur, eh malah dia yang marah dan dia bilang, emang ini jalanan punya bapak moyang lu,” keluhnya kepada rekan media, Minggu (21/06/2015).

Hal ini jelas menjadi bukti bahwa masih rendahnya tingkat kesadaran di elemen masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan untuk dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan asri. Hal tersebut harus segera dibenahi sesegera mungkin oleh pemerintah setempat.

Di lain pihak, Ketua Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM) Kelurahan Ratu Jaya, Hidayat Al Ramdani mengungkapkan nahwa pihaknya sudah melakukan berbagai cara, mulai dari mengadakan kerja bakti membersihkan terowongan tersebut hingga memasang pesan tertulis di sepanjang terowongan untuk tidak membuang sampah di tempat tersebut.

Namun, ketika sudah dibersihkan hanya dalam hitungan hari tempat tersebut sudah kembali penuh dengan adanya tumpukan sampah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya meminta kepada seluruh pejabat setempat untuk turun tangan sesegera mungkin untuk dapat melakukan pembenahan serta strategi mengantisipasi hal ini.

“Ini harus segera ditangani, jika masih tetap dibiarkan begitu saja, tempat ini bakalan menjadi TPS liar. Harus ada penanganan intensif,” ucapnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: