Sebanyak 230 Angkutan Kota di Depok Terjaring Razia Gabungan

Sebanyak 230 Angkutan Kota di Depok Terjaring Razia Gabungan

HarianDepok.com – Berita , Baru baru ini, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok bersama pihak kepolisian kota depok menggelar razia di seluruh wilayah kota depok dengan target sasarannya angkutan kota. Dalam razia yang digelarnya ini pada, Selasa (23/06/2015) sedikitnya 230 angkutan kota (Angkot) terjaring.

Dari 230 pengendara angkutan kota yang berhasil ditindak oleh petugas, rata rata memiliki kesalahan yang sama yaitu, tidak bisa menunjukkan kelengkapan Surat Izin Mengemudi yang aktif dan masa KIR kendaraan yang telah habis. Selain itu, para pelanggar ini juga sebagian besar tidak menggunakan identitasnya sebagai pengemudi Angkot yaitu seragam.

Alhasil para pengendara angkot tersebut langsung ditindak tegas dengan dikenakan pasal pidana ringan. “Hampir sebagian besar para pengendara angkot ini kami tangkap tidak memakai seragam dan tidak memiliki dokumen kelengkapan yang aktif. Padahal kami telah menghimbau untuk selalu menggunakan seragam,” terang Gandara Budiana, Kepala Dishub kota Depok saat dilapangan, Selasa (23/06/2015).

Menurut keterangannya bahwa pihaknya telah menghimbau kepada para pengendara angkot untuk memakai seragam. Ini dikarenakan banyaknya tindak kriminal yang dilakukan oleh para sopir angkot kepada penumpangnya. “Kami sudah himbau para pengusaha angkot untuk memakai seragam. Jangan sampai tindak kriminal pada tempo hari terjadi lagi,” ungkapnya.

Razia ini sengaja digelarnya dengan menggabungkan kekuatan antara Dishub kota Depok dengan Kepolisian Depok. Ini dikarenakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penumpang angkutan umum. “Operasi ini kita gelar bersama dengan kepolisian kota Depok untuk menertibkan para sopir angkutan diseluruh kota Depok. Selain itu operasi ini kami upayakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna angkutan umum.” Katanya.

Gandara mengatakan bahwa razia kali ini akan terus digelarnya hingga menjelang hari raya nanti. Hal ini ditujukan supaya para sopir angkutan kota yang nakal jera dan mau untuk mengurus kelengkapan surat surat perjalanannya.

Dari hasil penangkapan tersebut sebanyak 230 sopir angkot beserta kendaraannya yang tertangkap tangan tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas dan administrasi diberikan sanksi tegas ditempat. “Sopir angkot yang tertangkap oleh kami langsung kami proses ditempat. Dari banyaknya sopir yang tertangkap diantaranya tidak memakai seragam kelengkapan resmi, itu langsung kami tindak. Untuk yang bermasalah di administrasi kami serahkan ke pihak kepolisian.”ucapnya.

Dengan diadakan razia ini hingga menjelang hari raya nanti, diharapkannya bisa memberikan rasa nyaman dan aman kepada para calon penumpang, sehingga masyarakat yang tadinya biasa memakai kendaraan pribadi sebagai sarana transportasinya sehari hari dapat beralih ke angkutan umum.

“Jika para sopir angkutan umum sadar dan mau mematuhi aturan yang ada, maka para penumpang pun akan merasa nyaman dan aman sehingga masyarakat percaya dan mau untuk tidak lagi memakai kendaraan pribadinya sebagai alat transportasi sehari hari.”tandasnya.(Izl)

[EniGayo/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok