Pasukan Irak Berhasil Kuasai Kilang Minyak yang Diserang Militan Sunni

HarianDepok.com – Berita Nasional – Pasukan pemerintah Irak berhasil menguasai kilang minyak yang diserang para militan Sunni. Namun meski berada di bawah kendali pasukan Irak, hingga saat ini, para militan tersebut masih berada di areal kilang minyak terbesar di Irak tersebut.

Menurut seorang pekerja kilang minyak di Baiji, sekitar 210 kilometer sebelah utara Baghdad tersebut, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/6/2014), pertempuran secara sporadis pun masih terjadi.

Para militan Sunni dari kelompok Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) itu menyerbu kilang minyak tersebut pada Rabu, 18 Juni. Mereka membakar beberapa tank penyimpan produk hasil pengilangan minyak serta sejumlah menara.

“Pertempuran berhenti sekitar tengah malam tadi, namun pecah kembali dari waktu ke waktu,” tutur Dhahi al-Juburi, pekerja yang terjebak di areal kompleks kilang minyak tersebut.

“Pasukan Irak masih berada di dalam kilang, dan mereka kini menguasainya,” imbuhnya saat dihubungi AFP lewat telepon. Dikatakannya, para militan saat ini masih berada di sejumlah tempat di kilang tersebut dan bahkan di beberapa menara.

Seorang pekerja lainnya yang juga berada di kilang Baiji itu, membenarkan keterangan Juburi.

Namun sebelumnya, juru bicara keamanan Perdana Menteri (PM) Irak Nuri al-Maliki, Letjen Qassem Atta mengatakan, kilang tersebut telah sepenuhnya dalam kendali pasukan pemerintah dan para militan telah dihalau pergi.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer