Kementrian Perhubungan Berikan Kuota Mudik Gratis Kepasa Kota Depok Sebanyak 5.600 Kursi

Kementrian Perhubungan Berikan Kuota Mudik Gratis Kepasa Kota Depok Sebanyak 5.600 Kursi

HarianDepok.com – Berita , Mudik menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia di tiap tahunnya. Tak terkecuali di kota Depok sendiri, mudik menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakoni saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Kementrian Perhubungan pun dalam menanggapi tradisi masyarakat tersebut kini kembali mengadakan salah satu program, dimana program tersebut bertujuan membantu masyarakat memperingan biaya serta mempermudah para pemudik untuk sampai ke kota tujuan.

Program yang diadakan oleh kementrian Perhubungan ini mendapatkan respon positif dari berbagai kota. Kota Depok pun saat ini mendapatkan kuota mudik gratis dari program tersebut sebanyak 2.900 sepeda motor yang jika dikalkulasikan antara pengendara dan penumpang menjadi 5.600 orang.

Bagi masyarakat kota Depok yang menginginkan mudik gratis yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan kepada kota Depok, silakan melakukan pendaftaran offlinen yang dimulai dibuka sejak tanggal 15 Juni dan akan ditutup pada tanggal 08 Juli 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara mengatakan bahwa program yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan mudik di roda dua atau sepeda motor. Selain itu program tersebut bertujuan juga untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dapat mudik ke kampung halamannya.

“Program ini diberikan Kementrian guna mempermudah masyarakat dalam bermudik, selain mempermudah masyarakat, program ini dimaksudkan untuk meminimalisasi persentase kecelakaan saat melakukan perjalan mudik,” terangnya kepada media (21/06/2015).

Untuk pendaftaran secara online, sudah dimulai sejak 01 Juni dan ditutup sampai dengan 30 Juni 2015. Jadi jika ada masyarakat yang berminat silakan segera melakukan pendaftaran. “Pendaftaran online sudah dibuka sejak 1 Juni sampai 30 Juni 2015,” katanya.

Untuk mendapatkan mudik gratis tersebut, selain diharuskan untuk melakukan pendaftaran, para calon pemudik pun juga diwajibkan untuk melengkapi sejumlah dokumen pendukung seperti, Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). “Para peserta mudik wajib melakukan prndaftaran dan melengkapi dokumen pendukung. Untuk kuota perjalanan, hanya disediakan untuk dua orang saja,” katanya.

Untuk tujuan mudik diprogram tersebut menurut keterangan Gandara ada delapan kota tujuan yang diantaranya adalah, Tegal, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri. Untuk menempuh perjalan mudik tersebut Kementrian Perhubungan telah menyiapkan sebanyak 149 bus yang keberangkatannya akan difokuskan di satu titik lokasi yaitu di Kemayoran, Jakarta.

“Untuk keberangkatan mudik gratis ini, Kementrian Perhubungan telah menyiapkan armada pendukung sebanyak 149 unit dan akan diberangkatkan dari Kemayoran, Jakarta,”

Setelah para calon pemudik melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen pendukung, para calon pemudik juga harus membawa motornya ke gudang Bulog yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta yang akan dibuka penyerahannya mulai dari 10 Juli hingga 11 Juli 2015. Setelah itu motor motor tersebut akan dikirim ke Dinas Perhubungan masing masing dengan menggunakan truk besar.

“Motor kita kirim lebih dulu Dinas Perhubungan kota masing masing. Selepas satu hari pelaksanaan pengiriman motor, para peserta mudik baru kita berangkatkan ke kota tujuan,” terangnya.

Dengan diadakannya program mudik gratis untuk roda dua ini, diharapkannya bisa lebih meminimalisasi kecelakaan saat perjalanan mudik. Selain bisa memperkecil persentase kecelakaan, dirinya pun juga sangat bersyukur bahwa dengan diadakannya program mudik gratis dari Kementrian Perhubungan tersebut, telah mengurangi beban biaya masyarakat kota Depok dalam menghadapi mudik tahun ini.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)