Pengerjaan Normalisasi Setu Pengarengan, Depok Terkendala

Pengerjaan Normalisasi Setu Pengarengan, Depok Terkendala

HarianDepok.com – Berita , Normalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Depok terhadap beberapa situnya saat ini masih dalam pengerjaan. Namun di situ Pengarengan yang berlokasi di jalan Juanda, Depok, Jawa Barat ini mengalami kendala yang mengakibatkan progres pengerjaan normaliasinya ini tidak mencapai target yang ditentukan alias molor.

Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok dalam usahanya melakukan normalisasi di setu Pengarengan sejak November 2014 lalu dengan menggunakan sejumlah alat berat hingga kini masih belum mencapai hasil yang maksimal sehingga target pelaksanaannya menjadi molor dari yang ditetapkannya akan rampung pada bulan April 2015 lalu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Refliyanto mengakui molornya pengerjaan normalisasi tersebut kepada rekan media (20/06/2015). Menurutnya molornya pelaksanaan normalisasi tersebut dikarenakan Setu Pengarengan mengalami sedimentasi (Pendangkalan) sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

“Setu Pengarengan mengalami pendangkalan, oleh sebab itu waktu pengerjaannya semakin panjang melebihi target yang sudah kami tetapkan,” terangnya.

Menurut penjelasannya, dari hasil pengerjaan normalisasi yang dilakukannya ini telah berhasil membersihkan kawasan Setu Pengarengan dari eceng gondok, gulma dan sampah. Namun karena adanya pendangkalan di setu tersebut, membuat proses pengerjaan normalisasi menjadi terganggu. “Masih kita upayakan dan kami maksimalkan pengerjaannya,” terangnya.

Hingga kini alat berat yang diturunkan oleh pihaknya masih terus melakukan pengerukan setiap harinya dengan berfokus kepada sisi selatan dan dibagian pinggiran setu. “Untuk kedalaman Setu sudah mencapai empat meter dengan kedalaman semula hanya satu meter saja. Saat ini kami memfokuskan pengerjaannya di areal perbatasan dan di pinggiran setu,” katanya.

Menurutnya meski pengerjaan normalisasi di Setu Pengarengan mengalami kendala dan menjadikannya molor dari target pencapaian, pemeliharaan beberapa setu di wilayah kota Depok akan terus berjalan. Hal ini disebabkan oleh adanya keputusan dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) yang memutuskan akan melakukan pemeliharaan di 19 setu yang ada di kota Depok, dimana pengerjaan normalisasi kepada 19 setu tersebut sudah mulai kerjakan dan dimulai dari setu Gadog, Cisalak, Depok, Jawa Barat.

Diketahui bahwa pengerjaan normalisasi terhadap 19 setu yang ada di wilayah kota Depok ini adalah bagian dari perawatan dan pemeliharaan secara berkala yang dilakukan oleh pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan daya serap dan daya tampung air sehingga pada musim penghujan, kota Depok bisa terhindar dari adanya genangan, banjir.

“Jika semua setu sudah normal kembali, setu setu tersebut bisa menampung lebih banyak volume air yang bisa meminimalisir terjadinya banjir di kota Depok,” tandasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)