Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

HarianDepok.com – Kesehatan , Ketika memasuki bulan Ramadhan, pada umumnya buah kurma kering banyak ditemui sebagai salah satu menu buka puasa. Mengapa kurma sangat di andalkan ketika berbuka?  Pasalnya kurma berkhasiat untuk menyeimbangkan kembali gula darah, energi tubuh, serta tekanan darah yang tadinya rendah karena tubuh belasan jam tidak mengonsumsi makanan apapun.

Dari segi nutrisi, kurma memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat besi, magnesium, kalsium, selenium, kalium, serat, sukrosa, fruktosa dan glukosa. Lebih lanjut, seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (20/06/2015), berikut beberapa alasan kita dianjurkan untuk mengonsumsi kurma di bulan puasa :

  1. Persiapkan pencernaan setelah kosong belasan jam

Mengonsumsi kurma waktu berbuka sama dengan mempersiapkan pencernaan untuk kembali aktif setelah 13 jam tidak ada makanan dan minuman yang masuk. Buah kering ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang ada di perut.

  1. Mengontrol nafsu makan ketika buka puasa

Ketika buka puasa, terkadang ingin menyantap makan sebanyak-banyaknya. Tetapi, jika Anda mengawali buka puasa dengan mengonsumsi kurma dapat membantu mengontrol rasa lapar ketika berbuka. Sehingga, dapat terhindar dari makan berlebih waktu berbuka.

  1. Cegah sembelit

Kurma yang memiliki banyak serat akan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah kurma juga dapat meningkatkan gerak peristaltik di usus sehingga dapat memperlancar buang air besar.

  1. Mengurangi tingkat kolesterol

Kurma memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh sehingga tubuh selalu sehat.

  1. Bunuh bakteri

Beberapa varietas kurma bisa membunuh infeksi bakteri yang ada di tubuh karena kandungan tersebut berperan sebagai antibiotik. Dari hasil sebuah penelitian terbukti jika kurma 50 persen sama efektifnya dengan antiobiotik penisilin.

[ NurMungil/HD ]

 

 

Tags:
author

Author: