7 Tips Sukses Menjalani Ramadhan Untuk para Ibu

7 Tips Sukses Menjalani Ramadhan Untuk para Ibu

Ilustrasi

HarianDepok.com – Suara Pembaca – Tips Ramadhan , Bulan ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu karena segala ibadah yang kita lakukan di bulan ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan dan bahkan lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Bulan ramadhan adalah saat yang tepat untuk banyak beribadah. Namun, seringkali hal tersebut justru menjadi sangat terganggu dan bahkan tidak ada kesempatan bagi anda para ibu untuk beribadah karena sibuk mempersiapkan makanan untuk berbuka maupun untuk sahur.

Namun, juga perlu diingat bahwa bulan ramadhan bukanlah bulan dimana kita berpesta. Hal tersebut tentunya sangat jauh dari tuntunan islam yang mengajarkan kita untuk selalu sederhana dan irit namun juga pemurah. Oleh karena itu kita perlu untuk memperkirakan beberapa hal agar ramadhan yang kita lewati penuh dengan berkah.

Jadi sangat penting untuk memiliki rencana yang bagus terutama bagi dapur anda agar kegiatan ramadhan bisa terorganisir dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan dapur untuk ramadhan agar anda bisa tetap beribadah dan segala sesuatunya berjalan dengan baik.

  • Saatnya bersih bersih sebelum ramadhan

Tentunya anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan juga energi untuk melakukan bersih bersih di dapur anda pada saat puasa bukan?

Oleh karena itu, sangat masuk akal apabila kita melakukan sesi bersih bersih terlebih dahulu sebelum ramadhan menjelang.sa hal tersebut tentunya tergantung pada ukuran dan kondisi dapur anda pada saat ini. Anda bisa melakukan bersih bersih 2 minggu atau 1 minggu sebelum ramadhan tiba.

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa anda ikuti diantaranya adalah, singkirkan bahan-bahan atau barang-barang yang tidak diperlukan untuk keperluan di bulan ramadhan.

Cobalah untuk membersihkan atau menyeka bagian dalam dan luar oven, microwave, freezer, jendela, meja dapur, kompor dan juga lantai.

  • Membuat rencana menu ramadhan

Jika dapur sudah bersih, ini saatnya kita beralih ke rencana untuk mempersiapkan menu makanan untuk berbuka, menu makanan ringan di malam hari, dan juga menu untuk sahur.

Cobalah untuk merencanakan menu untuk bulan ramadhan 1 minggu sebelum ramadhan tiba agar anda memiliki kesempatan untuk berbelanja sebelum ramadhan dan akan meringankan beban anda pada saat berpuasa nantinya.

Di antara perencanaan menu yang tidak boleh anda lewatkan adalah, anda harus memperhitungkan menu menu favorit keluarga anda mulai dari suami, dan juga anak anak serta keluarga dan tetangga.

Selain itu, diantara makanan makanan tersebut mungkin sangat baik apabila makanan yang akan anda persiapkan untuk menghadapi ramadhan mudah dibekukan, awet dan mudah untuk di panaskan. Contoh makanan makanan tersebut diantaranya adalah semur, sup, bubur, kari, dan tentunya masih banyak yang lainnya.

Mudah disimpan adalah juga merupakan salah satu syarat dari makanan yang akan anda persiapkan. Makanan seperti roti, telur, ubi jalar,, ikan kaleng, sayuran beku, dan juga kacang kacangan adalah makanan yang harus anda persiapkan.

  • Berbelanja

Sebelum ramadhan tiba radja sempatkan diri anda untuk mengunjungi supermarket atau pasar. Segala kebutuhan untuk bulan ramadhan atau jika anda tidak memiliki freezer yang besar, manfaatkan paling tidak untuk berbelanja kebutuhan 1 minggu atau 2 minggu ke depan. Dengan demikian, anda akan memiliki kesempatan yang banyak untuk beribadah dan berkonsentrasi di bulan ramadhan.

  • Relax

Tentunya saat kita merencanakan sesuatu dan Allah lah yang menentukan. Apabila sesuatu tidak berjalan seperti yang telah direncanakan radja cobalah untuk bersantai dan tidak terlalu memaksakan diri. Dengan demikian bahwa anda pun tidak akan terjebak dengan stres yang mungkin akan mengganggu puasa anda.

[Nurmungil/HD]

Tags:
author

Author: