Ibu Ajarkan Anak Merokok, Komnas PA Minta Cabut Hak Asuh Orangtua

Ibu Ajarkan Anak Merokok, Komnas PA Minta Cabut Hak Asuh Orangtua

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto seorang ibu muda yang sedang mengajarkan anaknya yang masih balita merokok. Foto tersebut beredar di situs media sosial, Facebook. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) merasa gerah dengan beredarnya  foto tersebut. Komnas PA saat ini memiliki dua piihan agar memberikan efek jera kepada orangtua tersebut. “Jika yang melakukan hal itu memang benar orangtuanya sendiri. Maka kami punya 2 usul,” ucap Samsul Ridwan, Sekretaris Jenderal Komnas PA, Rabu (17/06/2015).

Yang pertama, Komnas PA meminta agar hak asuh kedua orangtua yang mengajarkan anaknya merokok itu dicabut. Pasalnya Komnas PA menilai, jika wanita itu tidak bisa mendidik anaknya. “Orangtua kurang ajar tersebut meski dicabut hak asuhnya oleh negara. Pasalnya kami menganggap dia tidak pantas menjadi orang tua. Dia memberikan contoh yang buruk terhadap anaknya, maka kami mengusulkan hak tersebut dicabut sebagai sanksi administratif,” tutur Ridwan.

Kedua, Komnas PA berharap di adakan proses pemeriksaan kepada orangtua tersebut oleh pihak yang berwajib. “Karena hal itu merupakan bagian dari bentuk kekerasan. Memaksa anak untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan anaknya,” ungkap Ridwan. “Merokok kan membahayakan, minum-minuman keras juga membahayakan dan seakan akan dipertontonkan. Jadi kami berharap agar pihak kepolisian melakukan pemeriksaan kepada orang tuanya,” tutur Ridwan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok