5 Cara Untuk Tetap Sehat Pada Saat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

5 Cara Untuk Tetap Sehat Pada Saat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes5 Cara Untuk Tetap Sehat Pada Saat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

HarianDepok.com – Kesehatan – Tips Ramadhan , Selama ramadhan, adalah waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan makan secara drastis. Para ahli gizi telah memberikan rekomendasi saat berpuasa untuk selalu menjaga makanan maupun minuman yang dikonsumsi terutama saat berbuka puasa.

Bagi anda yang menderita diabetes, beberapa tips berikut ini akan membantu anda untuk tetap sehat selama berpuasa di bulan ramadhan.

5 cara puasa sehat untuk penderita diabetes
  • Sahur dengan makanan kaya serat dan protein

Sahur dan berbuka puasa makan 2 kali dalam sehari selama bulan ramadhan akan memberikan anda banyak manfaat. Selain itu, sahur dan juga berbuka harus sangat diperhatikan agar kesehatan anda tetap terjaga.

Sangat penting untuk menjaga makanan pada saat sahur sebelum anda menghadapi hari yang panjang dengan rasa lapar dan haus. Makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, keju merk yogurt dan kacang kacangan serta makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran buah buahan dan juga biji bijian akan membantu anda dalam mencegah rasa lapar dalam jangka waktu yang panjang.

  • Hindari berbuka secara berlebihan

Saat kita menahan rasa lapar dan haus di siang hari, sebagian orang seringkali tidak bisa menahan dirinya untuk minum dan makan sebanyak mungkin pada saat berbuka puasa. Godaan tersebut harus anda coba tahan dengan mengingat kondisi kesehatan yang akan anda hadapi. Dengan semangkuk sup dingin atau salad yang sehat merupakan pilihan tepat. Tidak dianjurkan untuk berbuka dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Anda sebagai penderita diabetes bisa makan malam dengan beberapa menu yang kaya protein biji bijian dan juga sayuran. Sangat penting untuk menghindari makanan yang tidak memiliki kalori selama bulan ramadhan seperti junk food makanan makanan instan.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran per hari untuk memastikan bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh anda mengandung protein, susu dan gizi seimbang.

  • Kurma

Bulan ramadhan bisa memberikan banyak hal mulai dari negatif hingga yang positif. Makan di malam hari akan mempengaruhi metabolisme tubuh pada siang hari salah satu resiko yang akan anda hadapi adalah kenaikan berat badan. Berpuasa juga dapat menyebabkan seseorang untuk berkeinginan mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan banyak lemak. Hal tersebut tentu saja berdampak tidak baik pada kesehatan. Selain telah diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, mengkonsumsi kurma juga sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan dan ahli gizi begitu juga bagi penderita diabetes.

  • Hindari sinar matahari langsung

Untuk tetap bugar selama bulan puasa, sangat disarankan agar anda tidak sering keluar dan berjemur dibawah sinar matahari. Menghabiskan sebagian besar waktu anda di tempat yang sejuk dan menghindari olahraga berat merupakan salah satu cara tepat menjaga kesehatan. Mengkonsumsi buah-buahan pada saat sahur merupakan ide yang baik. Air mengandung banyak manfaat dan dapat membantu melembabkan tubuh pada siang hari. Namun anda perlu berhati hati untuk tidak terlalu banyak minum sekaligus. Hindari kopi dan juga teh dapat meningkatkan rasa haus serta dehidrasi. Bentuk energi tambahan, cobalah mengkonsumsi smoothie atau jus buah yang diencerkan dengan air.

  • Beradaptasi dengan puasa

Sebelum memulai puasa, cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terutama bagi anda yang menderita diabetes. Tanyakan kepada dokter bagaimana caranya meminum obat yang benar selama bulan ramadhan dan bagaimana caranya mengontrol kadar insulin. Dengan begitu, berpuasa bagi penderita diabetes tidak akan ada masalah lagi serta menjadi puasa yang sehat.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: