Saat Berbuka Puasa, Hindari Makanan Ini

Saat Berbuka Puasa, Hindari Makanan Ini

HarianDepok.com – Kesehatan , Saat bulan Ramadhan tiba, waktu berbuka puasa akan menjadi salah satu momen yang paling dinanti. Momen buka puasa bahkan kerap dijadikan acara kumpul keluarga untuk saling silaturahmi dan makan bersama. Sejumlah hidangan lezat kerapkali disediakan. Mulai dari yang manis, bersantan, berkuah, sampai yang terasa pedas. Selain dari jenis makanan berbuka, setiap orang tentunya tahu jika ketika berpuasa, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Tetapi, hal penting ini justru malah kerapkali diabaikan.

Seperti yang dilansir Gulfnews, ahli gizi senior di Healthtrendz, Lovely Ranganath menyebutkan, tidak sedikit orang yang sering mengabaikan makanan sehat, dan mereka lebih memilih memakan makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh. “Selama Ramadhan beberapa orang kerap mengabaikan makan sehat saat fokusnya hanya kepada kebersamaan dengan keluarga serta teman-teman dan berbagi makanan,” ujarnya. Ini, bulan dimana saat wanita menunjukan kemampuan memasak mereka.

Pasalnya, di bulan puasa orang lebih cenderung makan lebih banyak dari yang biasanya. Dengan cuaca yang panas dan lembab, merekacenderung  lebih memilih untuk tinggal di dalam ruangan, yang dapat menambah masalah kesehatan mereka. Lovely pun menganjurkan, ketika berbuka agar hanya mengonsumsi makanan sehat. Ia juga menyebutkan, akan lebih baik lagi jika Anda menghindari dua makanan ini saat berpuasa.

Makanan yang digoreng

Samosa, Bakwan, lumpia, dan aneka gorengan lainnya kerap dijadikan sajian ketika berbuka. Namun perlu anda ketahui, makanan seperti ini tidak mengandung nutrisi. Makanan ini justru banyak mengandung  lemak yang sulit untuk diproses oleh hati. Sehingga mereka disimpan jauh sebagai jaringan lemak. Makanan ini juga dapat menghambat saluran pencernaan serta menyebabkan keasaman.

Makanan pedas

Makanan ini akan membuat lapisan perut sensitif setelah berpuasa. Mengonsumsi makanan pedas ketika berbuka puasa bisa menyebabkan mulas dan gas.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: