Uniknya Hidangan Buka Puasa Khas Indonesia

Uniknya Hidangan Buka Puasa Khas Indonesia

HarianDepok.com – Kesahatan , Di bulan Ramadan terdapat beberapa makanan dan minuman yang sangat ditunggu-tunggu setelah adzan Magrib. Di mulai dari kurma sampai es buah umumnya menjadi incaran masyarakat Tanah Air. Akan tetapi makanan dan minuman seperti apakah yang paling populer ketika berbuka?  Berikut ada beberapa menu terpopuler yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Kurma

Pada saat bulan Ramadan, buah kurma umumnya menjadi yang paling dicari. Dari sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini selalu menjadi makanan untuk berbuka puasa bagi beliau. Seiring dengan berkembangnya penelitian, buah yang aman bagi penderita diabetes ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan otak, menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan, serta menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita makan.

  1. Es buah

Minuman yang berisi beragam buah-buahan ini umumnya menjadi penyegar di saat berbuka. Rasanya yang manis, ditambah dengan buahnya yang segar membuat tubuh Anda terasa lebih segar usai mengonsumsinya. Namun bagi anda yang memiliki penyakit maag harus berhati-hati, William Adi Teja, Chinese Medical Doctor Master of Medicine menyebutkan, ketika berbuka puasa sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat.

“Bukannya tidak boleh konsumsi buah, tapi diberi jeda sekitar setengah jam usai memakan makanan utama supaya penderita penyakit maag tidak mengalami mual, perih, dan jantung berdebar,” imbuhnya.

  1. Kolak

Kolak yang dihidangkan usai waktu berbuka biasanya mempunyai isi yang beragam. Ada kolak kolang-kaling, pisang, labu dan biji salak. Makanan yang dicampur santan ini populer karena sudah dianggap sebagai budaya bagi masyarakat Tanah Air. Maka tidak heran, jika makanan pembuka ini sering kali ada di setiap rumah atau penjual ta’jil di seluruh pelosok Tanah Air.

  1. Teh manis

The manis juga merupakan salah satu minuman yang paling favorit untuk berbuka. Baik yang dihidangkan hangat ataupun dingin, minuman ini dapat menyegarkan tenggorokan ketika usai adzan magrib berkumandang. Menurut Ari Fahrial Syam selaku Ahli penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo menyebutkan, meminum segelas teh manis serta tiga butir kurma bisa mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam, sehingga mengonsumsi keduanya sangat cocok bagi orang yang berbuka puasa.

  1. Kue tradisional

Berbagai kue tradisional juga masih menjadi sajian pembuka paling favorit. Uniknya lagi, di setiap daerah di Tanh Air mempunyai kue yang beragam jenisnya serta namanya. Kue tradisional favorit itu seperti onde-onde, putu ayu, apem, dan banyak lagi.

  1. Gorengan

Makanan yang satu ini umumnya tidak terlewatkan bagi umat Muslim di Tanah Air ketika berbuka. Walau tidak sehat, makanan ini juga banyak diburu oleh masyarakat.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: