Asal Istilah Ngabuburit Dan Cara Ngabuburit Yang Tepat

Asal Istilah Ngabuburit Dan Cara Nagbuburit Yang Tepat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Bulan suci Ramadhan kini telah tiba, dan sudah saatnya umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Apabila ibadah puasa dilakukan dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT, maka setiap perilaku, sifat, dan kebiasaan seseorang akan berubah menjadi baik. Sehingga dalam berpuasanya mendapatkan keberkahan . Waktu dalam berpuasa adalah dimulai saat terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Waktu tersebut menjadi waktu yang baik untuk memperbaiki diri serta memperbaiki iman kepada sang pencipta.

Di zaman dulu hingga sekarang, tidak sedikit orang yang menunggu saat berbuka puasa dengan melakukan berbagai kegiatan yang disebut ngabuburit. Ngabuburit adalah istilah yang diambil dari bahasa sunda yang berarti salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa barat khususnya suku sunda dalam menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan. Ngabuburit sendiri diambil dari kata burit, dalam bahasa sunda yang memiliki arti sore atau petang menjelang maghrib.

Istilah ngabuburit sendiri secara tidak langsung sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan masyarakat muslim seluruh Indonesia pada setiap datangnya bulan Ramadhan, dengan melakukan berbagai macam aktifitas yang dimulai sejak sore hari sembari menunggu terdengarnya adzan maghrib untuk berbuka puasa. Mungkin di daerah lain di Indonesia juga ada kegiatan yang sama seperti halnya ngabuburit tapi dengan istilah yang berbeda.

Tradisi ngaburburit dapat di lakukan dengan berbagai macam kegiatan, mulai mengaji di masjid, jalan-jalan, bersepeda, maupun berburu menu untuk berbuka puasa. Namun kegiatan ngabuburit yang sangat baik ialah dengan mengaji atau tadarusan di masjid. Selain akan menyingkat waktu datangnya saat berbuka puasa, kita juga akan mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan yang suci ini.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: