Baca Tiga Ayat Al Quran Hingga Dua Jam, Acha Septriasa Bangga?

Baca Tiga Ayat Al Quran Hingga Dua Jam, Acha Septriasa Bangga?

HarianDepok.com – Entertaiment – Selebriti , Mendengar lantunan lagu-lagu balada yang mendayu dari suara merdu Acha Septriasa mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana apabila Acha melantunkan ayat-ayat suci Alquran? Hal itu saat ini sudah dapat didengar lewat laman resmi Quran Indonesia Project. Acha yang hadir bersama dengan beberapa artis lainnya seperti Afgansyah Reza dan Raisa Andriana dalam sebuah proyek sosial yang berupa pembuatan rekaman lantunan ayat-ayat suci Alquran. Rekaman tersebut nantinya akan bisa diunduh atau didengar lewat internet, bersama dengan suara pelantun lainnya.

Saat ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta beberapa waktu lalu, “Saya dikenalkan pertama kali oleh Chaca Frederica untuk membantu proyek ini. Sebuah hal yang sederhana namun dengan hati,” ujar Acha menceritakan. Acha tidak disuruh untuk membacakan semua surat atau juz. Melainkan ia hanya melantunkan ayat favoritnya, yaitu ayat ke-27 dan 29 dari surat Al-Fath. Acha memiliki alasan tersendiri di balik pemilihan ayat tersebut. Ia mengaku sempat mengikuti lomba membaca Alquran ketika dirinya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, dan melantunkan ayat tersebut. Hingga saat ini, Acha masih hafal dengan ayat tersebut.

Walau demikian, Acha tetap masih membutuhkan waktu untuk bisa melantunkan ayat tersebut sesuai dengan kaidah membaca Alquran. Proses rekaman tiga ayat tersebut pun tidak singkat. Acha memakan waktu hingga dua jam. Pasalnya, menurut ustaz yang mendampinginya, banyak bacaan Acha yang harus diperbaiki supaya sesuai tajwid. Acha pun tidak masalah menanggapi hal itu. Justru ia malah senang. “Saya bangga bisa ikut ini, sebagai  seorang muslim ada yang bisa saya banggakan. Dan Insya Allah ikhlas,” tutur pelantun tembang Berdua Lebih Baik itu.

Kegiatan tersebut baginya sekaligus menyegarkan kembali ingatannya dalam membaca Alquran. Acha mengaku selama ini tidak ada yang mengingatkannya jika ia salah membaca Alquran. Sebab itulah teguran sang ustaz tidak membuatnya kapok, justru ia malah terharu serta merasa sangat bersyukur dan bangga. Acha merasa sudah memiliki bekal untuk memasuki bulan Ramadan yang baru dimulai hari ini, Kamis (18/06/2015).

[ EniGayoe/HD ]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok