Doa Buka Puasa Dan Keutamaan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Niat Buka Puasa Dan Keutamaan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan 1436 Hijriah hari pertama bagi umat muslim yang melaksanakannya. Tidak ada salahnya jika berbagi tips berbuka puasa di awal bulan suci Ramadhan ini saat waktu sudah mulai beranjak sore, maka aka nada banyak pertanyaan yang muncul di benak kita, terutama bagi ibu-ibu yang akan menyiapkan hidangan atau menu apa yang akan disajikan-

untuk keluarga yang tengah menjalani ibadah puasa. Hidangan seperti  apakah yang tepat untuk berbuka puasa hari ini?. Tentunya yang sehat dan tetap sesuai syariat agama Islam. Di bawah ini ada beberapa penjelasan seputar buka puasa dari dai muda Ustad ikhwan Bahar :

  1. Berbuka (Ifthar) Sebelum Sholat Maghrib:

Tiga hal yang juga merupakan akhlak para nabi: segera membatalkan puasa, menyegerakan berbuka, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri atau shalat. (HR. Ath-Thabarani, hadist Mauquf).

Berikut bacaan niat buka puasa ;

Niat Buka Puasa Dan Keutamaan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

  1. Buka Puasa Dengan Kurma dan Air

Rasulullah SAW ketika berbuka dengan memakan buah korma basah (ruthab), jika tidak ada korma basah maka berbuka dengan korma kering (tamr), namun jika tidak ada korma kering  maka cukup minum dengan satu tegukan air. (HR. Ahmad, Abu Daud, Baihaqi, Hakim, Ibnu Sunni, Nasai, Daruquthni dan lainnya)

  1. Jika berbuka dengan kurma sebaiknya dengan bilangan ganjil, sperti 1, 3 atau 5 dan seterusnya. Jika tidak ada, apa saja yang ada. Sementara jika ingin menyantap makanan berat seperti nasi sebaiknya dilakukan usai shalat Magrib.
  2. Perbanyaklah berdoa saat puasa & Berdoa saat berbuka puasa.

Berdoa saat berbuka puasa adalah salah satu doa yang Mustajab, seperti banyak yang disebut dalam beberapa hadist. Antara lain seperti : Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya, orang yang puasa saat berbuka, Imam yang adil dan doanya orang yang didhalimi. (HR. Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ibnu Hibban) Terlebih jika berdoa pada detik-detik menjelang berbuka, Insya ALLAH do’anya akan di ijaba Allah SWT. Maka banyak-banyaklah berdoa.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: