Tips Memilih Hidangan Ketika Berbuka Puasa

Tips Memilih Hidangan Ketika Berbuka Puasa

HarianDepok.com – Kuliner . Akhirnya hari ini Kamis (18/06/2015) seluruh umat muslim di Indonesia secara serentak menjalani ibadah puasa ramadhan yang pertama, dimana ketika menjalani ibadah puasa semua umat Muslim diharuskan menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu. Ketika berbuka puasa, tentunya setiap orang yang menjalankannya  ingin menikmati hidangan yang segar dan menggugah selera. Berhubungan dengan hal itu, ahli kuliner Indonesia , Sisca Soewitomo menganjurkan supaya memperhitungkan waktu yang pas sebelum memasak menu tertentu.

Sisca mengatakan, jika kita ingin membuat sup sebaiknya satu jam sebelum waktu berbuka puasa. sementara jika ingin membuat tumisan masaklah hrndaklah memasaknya beberapa menit sebelum waktu berbuka puasa supaya masaih dfresh. Tidak hanya itu, umumnya ketika di bulan Ramadan menu akan lebih banyak disuguhkan di meja makan daripada hari-hari biasa. Hal seperti itu sebaiknya dihindari dengan cara memilih beberapa hidangan saja untuk mewakili menu yang lain.

Ketika berbuka puasa tidak harus menampilkan buffet yang panjang. Cukup dengan yang diwakilkan saja, sepertj ketika hendak berbuka misalnya ingin yang manis dan gurih, berarti yang manis diwakili oleh kolak pisang sementara yang gurih oleh gorengan. berarti, tidak perlu ada kolak pisang, sop buah dan es campur secara bersamaan. Sisca melanjutkan, Hal tersebut juga berlaku untuk hidangan utama.

Dimana setiap hidangkan juga diwakili saja, satu menu tumis-tumisan, yang berkuah, gorengan dan lainnya. Pola seperti ini juga tentunya bakal mendidik kita supaya ketika melaksanakan shalat teraweh nanti tidak ngantuk. Yang paling penting perhatikan asupan nutrisi agar tetap seimbang dan tidak mudah terserang penyakit.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: