Tips Cermat Membeli Kue Kering Kemasan

Tips Cermat Membeli Kue Kering Kemasan

HarianDepok.com – Kuliner Lebaran , Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan puasa. Para umat muslim pastinya sudah mulai mempersiapkan berbagai keperluan baik untuk bulan puasa dan juga untuk hari Lebaran. Menyiapkan kebutuhan untuk hari lebaran salah satunya yaitu kue lebaran.

Kue yang selalu menjadi incaran oleh banyak orang ini adalah jenis kue kering. Anda bisa membuat kue untuk lebaran sendiri di waktu senggang yang Anda miliki. Namun, bagi Anda yang sibuk, mungkin Anda akan memilih untuk membeli kue kering dalam kemasan yang banyak di jual di toko-toko kue. Yang menjadi perhatian yaitu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih kue lebaran yang aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, kami akan berbagi Tips Cermat Membeli Kue Kering Kemasan untuk Anda. Berikut ulasannya.

Teliti sebelum membeli

Kue kering yang baik adalah berwarna kuning keemasan dengan warna yang alami. Kue yang bermutu tinggi yaitu kue menggunakan kuning telur sebagai pewarna alami sedangkan untuk kue yang bermutu rendah menggunakan pewarna buatan. Harganya yang dipatok untuk kue yang menggunakan bahan pewarna buatan tentunya lebih murah dibandingkan dengan pewarna alami. Biasanya kue yang menggunakan pewarna buatan akan terlihat lebih mencolok.

Bahan Pewarna yang Digunakan

Apabila  kue yang Anda pilih menggunakan bahan pewarna, maka Anda perlu memastikan bahan pewarna yang di gunakan yang aman untuk di konsumsi. Sehingga agar tidak membahayakan kesehatan tubuh kita.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Kue kering tanpa pengawet biasanya mampu bertahan hingga 2 bulan dengan kondisi kue dimasukkan ke dalam toples yang kedap udara. Sedangkan jika kue yang dijual mampu bertahan hingga 1,5 tahun, dapat dipastikan kue menggunakan bahan pengawet. Kue kering yang mengadung bahan pengawet biasanya tercium aroma obat dan rasanya juga aneh bila dibandingkan dengan kue yang tanpa bahan pengawet. Oleh karena itu, cermat-lah dalam memilih kue dalam kemasan. Lebih baik jangan membelinya langsung dalam jumlah yang besar. Cobalah membeli satu untuk dijadikan sebagai tester.

Perhatikan Tekstur Kue

Tekstur bisa dilihat dari kepadatan kue yang akan Anda beli untuk hari lebaran nanti. Perhatikan baik-baik! Apabila sudah lembek dan apalagi disekitarnya muncul jamur, maka makanan tersebut sudah tidak layak konsumsi. Untuk itu, cermatlah dalam memperhatikan tekstur kue meskipun Anda tidak bisa menyentuh atau merasakannnya.

Rasa dan Aroma Kue

Kue lebaran yang baik mempunyai cita rasa yang gurih, renyah, enak dan tentunya tidak pahit. Apabila kue tersebut kurang garing maka kue tersebut tidak layak dikonsumsi. Selain itu yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kue kering dalam kemasan yaitu kue yang masih berbau harum. Aroma yang tercium yaitu aroma roti yang harum. Apabila Anda mencium bau yang tidak enak atau bau obat dari kue tersebut maka sebaiknya hidari dan karena tidak layak konsumsi.

Perhatikan Pabrik yang memproduksi Kue

Apabila memungkinkan, sebaiknya Anda juga mengetahui pabrik yang memproduksi kue kering tersebut. Sehingga Anda mengetahui akan kualitas bahan dan  kue yang di produksi serta kebersihannya.

Perhatikan Kemasan

Kue kering Lebaran yang layak untuk dikonsumsi seharusnya mempunayi kemasan yang bagus, rapat, bersih dan tidak kusam. Hal ini sangat memperhatikan kebersihan dari kue tersebut. Apabila Anda menemui kue Lebaran dengan kemasan yang kotor dan rusak maka kue tersebut dianggap tidak layak konsumsi karena jika kemasan kue tersebut kotor kemungkinan akan terkontaminasi oleh bakteri yang ada di sekitar lingkungan tersebut.

Itulah beberapa Tips Cermat Membeli Kue Kering Kemasan yang bisa Anda perhatikan untuk disajikan di hari istimewa mendatang yaitu  Hari Raya Idul Fitri. Kesehatan Anda dan juga keluarga harus menjadi perhatian. Jangan sampai momen istimewa tersebut menjadi musibah akibat kecerobahan Anda dalam memilih kue kering dalam kemasan.

Alangkah baiknya, Anda membuat kue sajian lebaran sendiri di rumah karena selain terjaga akan kebersihannya, juga tentunya kue kering yang Anda buat terbebas dari pengawet sehingga kesehatan Anda dan Keluarga yang mencoba kue tersebut akan terjaga. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer