Menteri PPN, Andrinof Chaniago, Himbau Pemkot Depok Agar Mengontrol Alihfungsi Lahannya

Menteri PPN, Andrinof Chaniago, Himbau Pemkot Depok Agar Mengontrol Alihfungsi Lahannya

HarianDepok.com – Berita – Cinere , Pesatnya pembangunan dikota Depok saat ini membuat lahan lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) nya dari tahun ke tahun semakin terkikis. Hal ini dibuktikan oleh adanya proyek pembangunan apartemen di bilangan Cinere yang saat ini masih tetap dilakukan oleh para pengembang di atas lahan yang menjadi paru paru dan resapan air kota Depok

Hal ini masih terus menjadi kontroversi antara masyarakat ,ormas pendukung lingkungan dengan pemerintah daerahnya. Dengan semakin berkurangnya RTH dan beralih menjadi lahan komersil, kota Depok untuk kedepannya dipastikan menjadi kota penyumbang polusi dan banjir terbesar sepanjang sejarah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago dalam perhatiannya kepada kota penunjang ibukota tersebut mengingatkan Pemerintah kota (Pemkot) Depok untuk dapat mengkontrol lahan lahan hijaunya agar tidak selalu dialihfungsikan menjadi lahan lahan komersil.

Hal ini jika masih terus tidak terkontrol okeh pemerintah daerahnya maka kelestarian lingkungan serta ekosistemnya akan terus terganggu dan mengancam keleatarian lingkungan yang bisa menyebabkan kerugian di berbagai pihak.

“Indonesia mengalami penambahan penduduk tiap tahunnya sebanyak tiga juta jiwa. Angka tersebut pastinya akan membuat lahan lahan pertanian menyusut sebanyak empat ribu hektar per tahun. Dan penyusutan lahan tercepat ternyata sangat dirasakan sekali di wilayah Jabodetabek, hal ini dibuktikan dengan tingginya angka pertumbuhan penduduk di Jabodetabek yang mencapai empat persen per tahunnya,”terangnya, Senin (15/06/2015).

Menurutnya, kota Depok adalah kota satelit dengan pertumbuhan penduduknya yang cukup pesat harus diimbangi dengan dilakukannya pengawasan terhadap lahan lahan pertanian agar berimbang. “Pengalihan fungsi lahan itu memang tak terelakkan, namun harus diawasi terus,” ungkapnya.

Andrinof mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya, dengan cara selektif dalam pemberian izin alih fungsi lahan kepada pengembang. Jika hal tersebut dilakukan dengan baik dan cermat, maka kota Depok bisa berkembang dengan baik.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: