Seperti Apa Sih Menu Sahur Yang Ideal? Berikut Ulasannya

Seperti Apa Sih Menu Sahur Yang Ideal? Berikut Ulasannya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Besok seluruh umat muslim seluruh Indonesia akan mulai melaksanakan Rukun Islam yang ke-4, yakni Puasa pada bulan Ramadhan. Kementrian agama telah menetapkan awal puasa Ramadhan 2015 jatuh pada hari Kamis (18/06/2015) besok. Seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia pun menyambutnya dengan penuh suka cita. Lantas Menu Sahur seperti apakah yang Ideal serta baik menurut ahli kesehatan?  Bagi para Ibu rumah tangga mungkin sudah terbiasa untuk menyiapkan menu sahur seperti di bulan-bulan ramadhan sebelumnya.

Namuan ada yang perlu di ingat, apakah menu santapan saur anda  sudah sehat?. Seperti yang diungkapkan Dr. Fiastuti Witjaksono, Msc, MS, SpGK , “Waktu berpuasa, sebenarnya sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan makan sahur. Tentunya  dengan menu sahur yang sehat, ” ucapnya. Fiastuti menegaskan, makan sahur itu adalah sebuah kesempatan untuk umat islam mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat agar dapat menjalani aktivitas saat kita berpuasa.

“Yang paling utama menu sahur harus terdapat sumber karbohidrat, protein, sayur, dan buah agar penyerapan serat tersebut dapat terjaga seharian ketika saat berpuasa.” Ujar  Fiastuti Witjaksono di Jakarta, Rabu (17/06/2015). Ia menambahkan, apabila ingin terhindar dari dehidrasi serta lemas saat berpuasa, sebaiknya ketika makan sahur,  konsumsilah air mineral yang cukup.

Para ahli kesehatan menganjurkan satu hari harus minum minimal 8 gelas air mineral, 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas ketika makan malam dan sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung minyak saat berbuka dan ketika sahur.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: