Dolar AS Tembus Rp 11.875, Efek Debat Prabowo-Jokowi

HarianDepok.com – Berita Nasional – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah. Dolar AS mampu menekuk rupiah hingga ke kisaran Rp 11.875 per dolar AS.

Menurut Ekonom Senior Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, pelemahan rupiah ini dapat pengaruh dari hasil debat capres yang digelar pekan lalu.

Fauzi mengatakan investor asing melihat adanya sedikit pernyataan anti asing dalam debat capres yang berlangsung pekan lalu. Meski kedua capres tidak menyatakan secara langsung.

“Sentimen dari regional sekarang ini negatif. Tapi memang debat capres kemarin itu juga ada sentimen anti asing,” katanya ketika dihubungi detikFinance, Selasa (17/6/2014).

Selain itu, masih juga ditambah dengan neraca perdagangan yang diperkirakan masih akan defisit tahun ini. Banyaknya sentimen negatif ini membuat dana asing hengkang sementara dari dalam negeri.

Pagi tadi dolar AS dibuka melemah di posisi Rp 11.840 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.815 per dolar AS.

Hingga siang hari ini dolar AS masih berada di kisaran Rp 11.865 per dolar AS, dengan titik tertingginya di Rp 11.875 per dolar AS.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer