Kumpulan Tips Yang Perlu Anda Tahu Saat Hari Raya Tiba

Kumpulan Tips Yang Perlu Anda Tahu Saat Hari Raya Tiba

HarianDepok.com – Lifestyle & Fashion , Hari raya idul fitri merupakan salah satu hari paling meriah yang dimiliki oleh umat islam dalam satu tahun. Ada berbagai cara serta persiapan yang dilakukan oleh umat islam seluruh dunia untuk menyambut hari kemenangan tersebut.

Tips Lebaran

Saya yakin bahwa setiap orang yang sudah memiliki persiapan tersendiri dalam menghadapi hari raya idul fitri. Walau demikian, bagi anda yang ingin mengetahui beberapa tips penting dalam menghadapi hari raya, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Pakaian

Persiapkan pakaian anda setidaknya dua atau tiga malam sebelumnya mulai dari mencoba pakaian yang akan anda pakai, menghilangkan noda yang ada, serta mengecek kembali pakaian anda sebelum dikenakan nantinya. Jika ada noda maupun kotoran, maka anda masih memiliki waktu untuk mencuci maupun membersihkannya. Dengan demikian anda akan terhindar dari kejadian kejadian mengejutkan yang tidak diinginkan.

  • Setrika baju

Setrika baju dan pakaian yang akan anda pakai dan juga pakaian untuk anak-anak anda setidaknya satu malam sebelum hari lebaran. Ini merupakan salah satu cara untuk menyambut hari raya sehingga, anda tidak akan terburu buru di keesokan harinya.

  • Mengatur meja dan ruang tamu

Mempersiapkan segala sesuatunya termasuk juga meja dan kursi serta karpet di ruang tamu sebaiknya anda lakukan satu hari sebelum hari raya hal ini untuk mengurangi kesibukan pada malam hari raya. Terlebih apabila anda berencana untuk keluar pada malam takbiran.

  • Persiapan dengan anak-anak

Jika anda memiliki anak-anak, cobalah untuk berunding sejenak dengan mereka dimana anda akan bertemu nantinya setelah sholat idul fitri. Hal ini untuk mengurangi beban yang dirasakan oleh ibu apabila ia diserahkan untuk menjaga semua anak anaknya. Sebagai seorang ayah yang bijak, cobalah untuk membuat rencana yang matang agar sholat idul fitri yang akan anda lakukan setelahnya bisa berjalan dengan lancar.

  • Perilaku yang baik

Hari raya merupakan hari kemenangan dimana setiap orang mencoba mengekspresikan apa yang dirasakannya. Namun tahukah anda bahwa banyak anak-anak yang saat ini mulai menyimpang dari perilaku baik yang diajarkan oleh agama islam. Jangan pernah berhenti dan capek dalam memberikan arahan maupun penjelasan bagaimana bersikap dengan baik pada hari raya idul fitri. Hari tersebut merupakan hari yang bahagia, menyenangkan untuk semua orang termasuk juga anak anak.

Dengan memberikan anak anak pengarahan tentang perilaku yang baik tidak bermain dengan petasan dan benda benda yang berbahaya merupakan salah satu langkah bijak yang harus anda ambil.

  • Persiapkan sajadah

Jangan lupa untuk mempersiapkan sejadah anda pada malam harinya terlebih apabila anda berencana untuk shalat ied di lapangan.

  • Baju ekstra untuk anak anak

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, anda tidak bisa mengalahkannya hanya karena mereka menumpahkan jus, menumpahkan makanan dan mengotori pakaian mereka. Sebagai orang tua yang paham dan mengerti tentang mereka, anda harus mempersiapkan beberapa baju extra atau pakaian untuk mereka terlebih disaat anda tidak berada dirumah.

  • Ke toilet terlebih dahulu

Hal ini terutama untuk anak-anak, jangan lupa untuk meminta mereka buang air kecil maupun buang air besar pada pagi hari sebelum berangkat untuk shalat idul fitri. Hal tersebut untuk mengurangi kerepotan anda terutama apabila sholat idul fitri sudah berlangsung atau mungkin anda berada di tengah tengah kerumunan dan yang akan menyulitkan anda untuk keluar hanya sekedar ke toilet.

[EniGayoe/Hd]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok