6 Tips Penting Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

6 Tips Penting Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

HarianDepok.com – Suara Pembaca – Tips Mudik Lebaran , Waktu yang dinanti  nanti tersebut hampir tiba. Sebuah kemenangan yang dirayakan oleh semua umat islam di seluruh penjuru dunia. Inilah hari lebaran sebuah hari yang fitri dan sakral serta dipenuhi dengan keceriaan. Berbagai aktivitas tentu saja kita lakukan pada hari lebaran mulai dari kembali ke kampung halaman, berkunjung ke sanak keluarga serta tetangga dan berbagai aktivitas lainnya termasuk juga berlibur sambil berlebaran.

Salah satu aktivitas yang juga tidak pernah terlewat kan dan selalu menjadi bagian penting dari lebaran terutama di negara indonesia adalah mudik. Setiap tahunnya, tradisi ini terus menjadi headline news di berbagai media. Salah satunya adalah saat saat seru mudik bersama dengan menggunakan sepeda motor.

Bagi anda yang sudah terbiasa mudik dengan sepeda motor, tentu sudah hapal dengan persiapan apa saja yang akan anda lakukan dan apa saja yang harus anda bawa pada saat mudik. Namun bagi anda yang baru akan menghadapinya tahun ini, beberapa tips mudik aman dengan sepeda motor berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu sebelum anda berangkat.

  • Surat-surat

Surat surat kendaraan seperti STNK dan juga SIM harus tetap berada di tempat yang aman tidak hanya selalu di dalam dompet namun perlu anda ketahui bahwa STNK dan SIM harus berada di tempat yang mudah untuk dijangkau terlebih apabila dibutuhkan di perjalanan nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa ktp dan juga surat surat penting lainnya termasuk juga buku nikah.

  • Cek kendaraan

Persiapan mudik dengan sepeda motor lainnya adalah mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan sangat penting untuk mempersiapkan kendaraan yang prima karena perjalanan yang akan anda hadapi cukup jauh. Selain itu, apabila anda mudik bersama keluarga, kemungkinan besar anda pun akan mengajak serta istri dan juga anak anda. Beban yang akan dibawa oleh sepeda motor anda bahkan mungkin akan lebih berat apabila anda membawa banyak barang.

Jadi, beberapa hal berikut ini harus dipastikan dalam kondisi yang baik, mulai dari

  • Oli mesin motor harus sudah diganti dan siap jalan
  • Perhatikan kondisi lampu motor anda dan jika perlu, anda bisa mempersiapkan 1 bola lampu motor dibagasi. Dengan demikian anda bisa menggantinya sewaktu waktu jika lampu utama motor anda mati.
  • Obeng dan juga alat untuk membuka busi merupakan perlengkapan perjalanan yang tidak boleh anda lupakan.
  • Kondisi rem belakang maupun rem depan harus dalam keadaan yang baik. Perhatikan juga apakah berfungsi dan apakah lampu rem menyala pada saat rem diinjak atau ditarik.
  • Roda merupakan bagian dari motor yang juga tidak kalah pentingnya roda yang sudah gundul harus cepat anda ganti dengan yang baru terlebih apabila anda akan mudik ke tempat yang jauh. Kondisi cuaca serta jalan tentu saja harus dihadapi dengan persiapan yang baik.
  • Jas hujan akan menjadi persiapan anda selanjutnya yang tidak boleh dilupakan. Anda bisa setidaknya mempersiapkan dua jas hujan untuk anda sebagai pengemudi dan untuk istri dan anak anda di belakang. Saat memilih jas hujan, usahakan menggunakan jas hujan yang memakai celana dan baju batik bukan jas hujan yang lebar karena akan merepotkan dan mudah tersangkut di kendaraan lainnya.
  • Informasi jalur mudik

Informasi jalur mudik harus ada setidaknya di otak anda sebelum anda berangkat juga merupakan persiapan penting mudik dengan sepeda motor. Anda bisa bertanya ke teman anda yang sudah pernah mudik atau anda juga bisa melakukan riset dari internet.

Kondisi jalan harus anda perhatikan sehingga anda bisa berkendara dengan aman dan lancar. Informasi informasi penting seperti dimana jalan yang banyak berlubang, jalan yang sering macet serta jalan jalan alternatif harus anda miliki.

Jika anda tidak yakin bisa menggunakan jalan jalan alternatif, cobalah untuk melengkapi diri anda dengan gps atau smartphone yang sudah dilengkapi dengan gps.

  • Perlengkapan berkendara

Perlengkapan berkendara harus anda persiapkan mulai dari helm standar yang memenuhi standar keamanan, baik untuk anda maupun orang yang akan anda bonceng.

  • Jaket, Masker, Sarung tangan

Selanjutnya adalah jaket. Anda harus menggunakan jaket baik pada siang hari maupun malam hari untuk menghindari sengatan matahari dan juga dinginnya udara malam. Sarung tangan juga menjadi salah satu kebutuhan yang harus anda gunakan terlebih untuk mengantisipasi rasa pegal keringat, dan lain lain yang akan mungkin membuat anda tidak nyaman saat berkendara. Masker juga menjadi kebutuhan yang harus anda bawa terlebih karena kondisi jalan yang berdebu, polusi udara yang ada di jalanan.

  • Istirahat

Anda perlu beristirahat saat dibutuhkan, kapanpun dan dimanapun, terutama jika anda membawa serta anak. Karena dengan istirahat, tenaga akan terisi kembali dan jauh dari kelelahan yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Semoga tips mudik aman dengan sepeda motor ini bermanfaat untuk anda.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)