Menjelang Ramadhan, Harga Sembako di Kota Depok Melonjak Naik

Menjelang Ramadhan, Harga Sembako di Kota Depok Melonjak Naik

HarianDepok.com – Berita – Pancoran Mas , Menjelang bulan Ramadhan harga sembako di beberapa pasar bilangan Depok seperti di Pasar Depok Jaya yang berlokasi di Jalan Nusantara, Depok melonjak naik. Harga ayam potong misalnya yang biasa dijual Rp 38.000 per ekornya, kini menjadi Rp 48.000.

Lonjakan harga tersebut disebabkan oleh banyaknya permintaan di pasaran namun stoknya berbatas. “Biasa mas, pengen bulan puasa pasti harga dari agen naik. Ya mau gimana lagi terpaksa kami juga menaikkan harganya,” tukas Jojo (38th), pedagang ayam potong.

Menurut keterangannya lonjakan harga akan terus terjadi sampai satu hari menjelang hari raya.”sekarang ini aja saya dapet barangnya pas harganya naik mas, itupun dapetnya juga gak banyak dari biasanya,”keluhnya.

Tak hanya ayam potong saja yang mengalami kenaikan harga, telur ayam negeri pun juga mengalami hal yang serupa. Di hari biasa harga telur ayam per kg hanya berkisar Rp 20.000 hingga Rp 21.000, namun menjelang bulan Ramadhan harga telur ayam negeri melonjak naik menjadi Rp 23.000 hingga Rp 24.000.

Kenaikan ini sangat dirasakan sekali oleh para konsumen. “Saya jadi bingung, ini mahal, itu juga mahal, pasti kalau mau bulan puasa harga harga sembako naik. Masa harus begini terus tiap tahun, tolong dong pak Jokowi perhatikan kami” Keluhnya Susi saat ditemui di Pasar Depok Jaya.

Kenaikan pun juga dirasakan oleh para pedagang daging sapi. Mereka mau tidak mau harus menaikkan barang dagangannya, lantaran harga dari agen sudah naik. “Biasa kita dapat barang dan kita jual ke konsumen Rp 90.000, namun ketika menjelang Ramadhan harga dari agen naik dan mau gak mau harus dinaikkan juga mas,” jelas Toto, penjual daging sapi eceran.

Menurut pengakuannya, harga daging sapi akan terus merangkak naik hingga menjelang hari raya Idul Fitri nanti. Hingga kini harga eceran di pedagang daging sapi per kilonya mencapai Rp 100.000 hingga Rp 120.000.

Untuk harga sayur mayur kenaikan juga terjadi pada sejumlah barang, diantaranya cabe merah, bawang merah, cabe rawit hijau dan cabe rawit jawa dengan persentase kenaikan mencapai lima persen dari harga normal. Namun untuk harga bawang putih hingga saat ini masih terbilang stabil.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: