Gunung Everest Bergeser 3 cm Akibat Gempa Nepal

Gunung Everest Bergeser 3 cm Akibat Gempa Nepal

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Nepal pada akhir April lalu, sepertinya memberikan dampak pada Gunung tertinggi di dunia, Everest. Menurut kabar, akibat gempa tersebut, posisi puncak Gunung Everest bergeser tiga sentimeter ke wilayah barat daya. Seperti yang dilansir dari media pemerintah China yang dilaporkan oleh The Guardian pada Selasa (16/06/2015),

Lembaga Administrasi Surveyi Nasional , Geoinformasi  dan Pemetaan,China menyebutkan, sebelum terjadinya gempa, Everest sudah berpindah 40 sentimeter ke timur laut. “Selama satu dekade terakhir pergeseran itu 40 sentimeter ke arah timur laut. Setiap tahunnya berpindah empat sentimeter,” begitulah yang dikutip lembaga tersebut.

Gempa bumi yang terjadi pada akhir April lalu itu memakan korban jiwa lebih dari 8.700 orang di Nepal dan menyebabkan terjadinya longsor salju di lokasi perkemahan pendaki Everest. Selain itu, beberapa daerah mengalami kerusakan parah dan ribuan orang kehilangan rumahnya. Tidak hanya itu, gempa kedua yang terjadi pada pertengahan Mei yang berkekuatan 7,3 skala richter, juga memakan korban jiwa warga sekitar.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: