AC Mobil Dapat Bermasalah Akibat Dua Hal Sepele Ini

AC Mobil Dapat Bermasalah Akibat Dua Hal Sepele Ini

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Semua orang saat mengendarai mobil tentunya kerap memutar switch power AC untuk menyalakan atau mematikan AC. Namun kebiasaan itu pasti akan berakhir usai membaca artikel berikut ini. Benar, menyalakan atau mematikan AC saat putaran mesin tinggi menjadikan beban pada kompresor akan mendadak membesar. Kondisi seperti ini juga akan menimbulkan terjadinya gesekan yang terlalu keras antara pressure plate dan pulley pada kompresor AC.

Jika kondisi ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan besar komponen magnet clutch kompresor AC akan cepat aus dan berujung menjadi rusak. Seperti yang dikatakan Sungkana, seorang mekanik Bali Motor, Jakarta Timur, “Jadi jangan kaget bila AC mobil Anda tiba-tiba mendadak tidak dingin. Kemungkinan besar hal ini lah yang menjadi penyebabnya,” terangnya. Ia mengimbau, jika ingin menyalakan atau mematikan AC sebaiknya dilakukan ketika mobil berhenti.

Jika terpaksa, disarankan untuk mengurangi kecepatan dan lakukan lah pada putaran mesin di bawah 2.000 rpm. Selain kebiasaan sepele seperti atas, terdapat juga hal lain yang perlu diperhatikan, seperti menjaga kabin selalu tetap bersih serta hindaril merokok ketika berkendara. Sebagai catatan, AC mempunyai blower yang berguna untuk memutar udara. Udara panas  yang dihisap oleh blower dari dalam kabin akan ditiup melalui celah-celah di antara kisi-kisi evaporator yang dingin.

Udara panas diserap oleh sistem di evaporator ini, sehingga udara yang dihembuskan ke dalam kabin mobil akan menjadi dingin. Namun jika udara yang disedot ke evaporator bercampur abu rokok dan debu, pastinya akan membuat kisi-kisi pada evaporator menjadi tersumbat dan mengakibatkan gangguan kinerja pendinginan. Lebih parah lagi, sumbatan tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya spora atau jamur yang secara otomatis bisa menimbulkan bau tidak sedap dan bahkan bisa menggangu kesehatan pengendara.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: