Gelar Sidang Isbat 2015, Kementrian Agama Kerahkan Para Ahli Untuk Lihat Hilal

Gelar Sidang Isabat, Kementrian Agama Kerahkan Para Ahli Untuk Lihat Hilal

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Untuk menetapkan awal puasa Ramadan 2015, Kementerian Agama bakal melaksanakan  sidang isbat terlebih dulu yang akan dilakukan hari ini, Selasa (16/06/2015) sore pukul 16.00 WIB. Seperti yang dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (15/06/2015) “Besok kita akan melakukan sidang isbat, kita akan undang para ulama dan pimpinan ormas Islam serta pakar astronomi untuk bermusyawarah,” ujarnya. Lukman mengungkapkan,-

pihaknya bakal mengerahkan para ahli di semua provinsi di Tanah Air untuk melihat kemunculan bulan tanda pergantian bulan, dari bulan Sya’ban ke bulan Ramadan atau biasa disebut hilal. Kemudian Para ahli yang sudah disumpah tersebut lalu bakal disebar ke sejumlah titik di semua provinsi. Laporan mereka pun ditunggu menjelang bada Magrib,  apakah mereka melihat kemunculan bulan sabit muda pertama atau hilal untuk menentukan tanggal 1 Ramadan.

“Dari sekitar 30 ahli lebih yang kita sebar di sejumlah titik tersebut, hanya akan ada satu saja yang melihat, setelah itu besoknya kita tentukan tanggal 1 Ramadan. Tapi jika belum ada yang melihat munculnya hilal, maka kita akan genapkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari dan tanggal 1 Ramadan kita tetapkan hari berikutnya,” ungkap Lukman Hakim.

Sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah melakukan hisab penentuan tanggal 1 Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Alhasil, Muhammadiyah telah memutuskan bahwa awal puasa 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis (18/06/2015) serta Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri  1 Syawal jatuh pada hari Jumat (17/06/2015).

[TaufikHidayat/HD]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok