Dinas Pendidikan kota Depok Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2015 – 2016

Mulai 2 Juli, Depok Resmi Membuka PPDB Online

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah kota (Pemkot) Depok melalui instansi Dinas Pendidikannya pada Senin (15/06/2015) kemarin telah resmi membuka pendaftaran siswa siswi baru tahun ajaran 2015 – 2016 dengan quota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebanyak, 5.080 kursi untuk siswa SMP, 2.318 kursi untuk siswa SMA, dan 943 kursi untuk siswa SMK.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) kota Depok, Dewi Utami dalam keterangannya mengenai jumlah penerimaan siswa baru tersebut mengatakan bahwa pihaknya telah memutuskan jumlah itu, kecuali untuk jumlah penerimaan siswa SD baru yang tidak dibatasi karena jumlah Sekolah Dasar cukup banyak yaitu 278 SD.

Untuk kapasitas peserta didik per rombongan juga telah ditetapkan olehnya yaitu maksimal empat rombongan untuk tingkat SD yang pada tiap tiap rombongannya berjumlah 40 orang, sembilan rombongan untuk SMP dengan jumlah maksimal per rombongannya setara dengan tingkat SD dan 48 rombongan untuk tingkatan SMK dengan jumlah tiap tiqp rombongannya sama.

“Hanya SMK saja yang diperbolehkan sampai 48 rombongan. Tapi untuk kuota per rombongannya tetap sama dengan tingkatan lainnya,”terang Dewi, Minggu (14/06/2015).

Dengan jumlah total sebanyak 22 SMP, 3 SMK, 13 SMA dan 278 SD, kota Depok siap untuk menerima PPDB baru tahun ajaran 2015 – 2016.

Di lain hal, Dewi pun menerangkan tentang kebijakan pihaknya untuk membuka pendaftaran siswa kurang mampu yang akan dibuka mulai dari 15 hingga 20 Juni 2015 dengan syarat mengisi formulir dan melampirkan surat keterangan dari instansi terkait serta menyerahkannya langsung ke satuan pendidikan sesuai domisili yang ditunjuk.

Untuk penerimaan PPDB tingkatan TK dan SD akan dibuka pada tanggal 6 Juli dan akan ditutup kembali pada 8 Juli 2015 dengan sistem penerimaan secara offline. Sedangkan untuk tingkatan SMP, SMA dan SMK sistem pendaftarannya akan dilakukan secara online dihttps://depok.siap-ppdb.com

Sementara untuk  kuota penerimaan PPDB yang berasal dari keluarga kurang mampu, Disdik Kota Depok membatasinya sebanyak 20 persen, bagi siswa berprestasi sebanyak lima persen, untuk luar daerah jawa barat sebanyak satu persen, luar daerah kota Depok dalam provinsi Jawa Barat sebanyak lima persen, luar zona sebanyak 11, 5 persen dan dalam zona sebanyak 57,5 persen.

Dewi menghimbau kepada para orangtua yang akan mendaftarkan anak anaknya untuk selalu mengupdate informasi informasi terkini yang bisa didapatkan di tiap tiap kecamatan dan di dinas pendidikan kota Depok. Dengan dilakukannya hal tersebut, diharapkan para orangtua bisa terhindar dari permasalahan di seputaran pendaftarannya nanti.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: