Imbangi Harga Kebutuhan Pokok, Jokowi Diskon Tarif Tol Selama Lebaran

Imbangi Harga Kebutuhan Pokok, Jokowi Diskon Tarif Tol Selama Lebaran

HarianDepok.com – Bisnis , Seiring adanya perintah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terhadap operator tol, meminta agar selama arus mudik dan arus balik lebaran untuk memberikan diskon tarif tol 25–35 persen. Sehingga membuat bayang-bayang operator tol untuk memanen rezeki pun kabur.  Fatchur Rochman selaku Ketua Umum Asosiasi Tol Indonesia (ATI) mengakui, jika pemerintah memang pernah membicarakan rencana program tersebut kepada para operator tol. Tetapi, ia tidak menyangka jika program diskon tarif tersebut ternyata mulai diberlakukan sejak H-10 sampai H+5 Lebaran.

’’Durasinya terlalu panjang,’’ ucapnya di Surabaya, Sabtu (13/06/2015). Seperti yang diketahui, pemerintah berencana bakal memberlakukan diskon tarif tol sebesar 35 persen bagi tol yang dioperatori oleh BUMN Jasa Marga dan 25 persen untuk tol yang dioperatori oeh operator swasta. Pemerintah melakukan program tersebut dengan tujuan sebagai bentuk mengurangi kepadatan jalan raya dan mendorong pemilik kendaraan roda empat beralih ke jalan tol. Padahal, di setiap musim mudik dan balik Lebaran, jalan tol tetap kerap macet karena banyaknya pengguna.

Direktur utama PT Jalan Lingkar Barat (JLB) dan juga sekaligus operator tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) tersebut mengatakan, kebijakan diskon tarif tol pada periode Lebaran memang kurang lazim. Pasalnya, untuk tarif moda transportasi seperti bus, kereta api, ataupun pesawat, pemerintah malah mencanangkan tarif batas atas di periode Lebaran. ’’Sementara kami dipihak tol justru diminta untuk memberi diskon,’’ ujarnya. Menurut dia, pihaknya bersama para operator tol masih memperhitungkan dampak finansial yang harus ditanggung untuk menjalankan program diskon tarif tersebut. ’

’Mudah-mudahan hitungan bisnisnya masuk agar kami tidak menjadi korban kebijakan diskon tarif tol,’’ ungkapnya. Menurut Adityarman  selakuDirektur PT Jasa Marga Tbk mengatakan, pihaknya tidak berkeberatan dengan keputusan pemerintah yang akan memberikan diskon 25–35 persen untuk para pengguna jalan tol selama 15 hari. Menurutnya, kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mengimbangi harga-harga kebutuhan pokok serta keperluan lainnya yang dipastikan bakal melambung drastis ketika di bulan Ramadan dan saat Lebaran.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok