Sedang Program Diet? Ini Tips Diet Di Hari Raya

Sedang Program Diet, Ini Tips Diet Di Hari Raya

HarianDepok.com – Kesehatan , Bulan puasa atau bulan ramadhan memang bisa dijadikan sebagai salah satu bulan dimana kita bisa melakukan diet. Walau demikian, tentunya kuasa harus tetap karena allah dan bukan karena diet. Sebulan kemudian, anda pasti akan bertemu denganmu hari raya idul fitri yang merupakan hari kemenangan dan dinantikan oleh seluruh umat islam di dunia.

Hari tersebut terkadang bisa menjadi bencana bagi anda yang sedang melakukan program diet. Bagaimana tidak makanan dan minuman yang bertaburan dan semuanya menggoda seolah olah minta untuk dicicipi satu per satu. Diet berbulan bulan yang sudah anda lakukan bisa berabe dan percuma apabila anda tidak bisa mengerti dan tidak tahu bagaimana caranya untuk menahan diri.

Bagi anda yang sedang dalam program diet, berikut adalah beberapa tips ringan yang bisa anda pegang terutama pada saat hari raya idul fitri agar berat badan anda tidak naik kembali.

  • Makan dengan porsi kecil

Tidak jarang kita datang dan bersilaturahmi ke rumah tetangga maupun ke rumah keluarga. Dan di sana, anda akan disuguhkan berbagai makanan termasuk juga makanan berat. Sayangnya, makanan makanan tersebut sudah pasti sangat menggoda dan harus segera dicicipi.

Tentu saja jika anda menolakku, anda akan menjadi bahan olok olokan dan bahkan mungkin anda merasa tidak enak untuk menolak tawaran dari keluarga maupun teman anda. Untuk menghadapi masalah seperti itu, anda tidak perlu cemas karena anda bisa tetap mengambil makanan dan minuman yang disediakan namun dalam porsi yang lebih kecil. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir apabila anda makan berapa kali dalam 1 hari.

  • Makan dengan perlahan

Setelah anda menjalankan tips pertama, kedua yang bisa anda lakukan adalah makan dengan perlahan atau lambat lambat. Dengan begitu, maka anda tidak perlu sungkan untuk menolak tawaran untuk menambah nasi maupun yang lainnya.

  • Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak tentu saja merupakan musuh utama bagi anda yang sedang dalam program diet terutama pada hari raya idul fitri. Makanan makanan berlemak bisa dikenali dengan mudah selain itu, makanan makanan yang mengandung banyak santan harus anda hindari.

  • Minuman manis

Minuman manis seringkali dihidangkan pada saat hari raya idul fitri terutama di indonesia kebanyakan rumah-rumah menyediakan sirup yang sudah pasti merupakan salah satu musuh bebuyutan anda bukan? Jika demikian, anda bisa memilih air putih, atau anda juga bisa meminum minuman tersebut namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

  • Beritahukan diet ada kepada kelurga yang dipercaya

Jika anda harus berkunjung ke rumah-rumah tetangga jangan lupa untuk mengajak salah satu keluarga yang bisa anda percaya. Dan jangan lupa untuk memberitahukan kondisi anda merasa bahwa anda dalam program diet. Dengan demikian, keluarga anda tersebut akan membantu anda dalam menolak maupun membantu anda dalam hal kepercayaan diri.

  • Jangan khawatir

Saat program diet sedang anda jalankan, biasanya berbagai tawaran makanan yang datang kepada anda membuat anda merasa tertekan. Namun hal tersebut tidak dibutuhkan pada saat ini. Jadilah lebih percaya diri dan tetap berkonsentrasi namun anda juga harus tetap mengontrol makanan yang anda makan.

Rasa khawatir yang muncul di dalam pikiran anda sering kali akan membuat anda merasa stress dan tidak bisa bergaul. Hal tersebut akan memunculkan masalah lain dalam bersosialisasi.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok