DPRD Kota Depok Meminta Dinaskersos Untuk Melakukan Pengawasan Kesejahteraan Buruh di Seluruh Perusahaan

DPRD Kota Depok Meminta Dinaskersos Untuk Melakukan Pengawasan Kesejahteraan Buruh di Seluruh Perusahaan

HarianDepok.com – Berita , Aksi demo ribuan buruh yang melakukan orasinya di bilangan Depok dengan tuntutan transparansi dan kesejahteraan para buruh agar diperhatikan pada beberapa waktu lalu mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok.

Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo dalam dukungannya terhadap kesejahteraan kaum buruh meminta menghimbau kepada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Dinaskersos) untuk segera melakukan pengawasan terhadap seluruh perusahaan yang ada agar tidak melalaikan kewajibannya dalam memenuhi hak hak buruh seperti Tunjangan Hari Raya.

Himbauan ini dilontarkannya sebab masih banyak pihak pengelola perusahaan yang mangkir dengan menahan sejumlah tunjangan dan bonus para karyawannya dengan alasan pembengkakan pengeluaran.  Hal inilah yang menjadi persoalan klasik ditiap tahunnya yang menjadikan para buruh kerap melakukan perlawanan dengan melakukan aksi turun kejalan.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinaskersos untuk dapat melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang ada. Jangan sampai pemberian bonus THR tertahan. Hal ini akan fatal nantinya, sebab kesejahteraan buruh harus betul betul diperhatikan,”ungkapnya kepada rekan wartawan (14/06/2015).

Pengawasan terhadap perusahaan dalam hal kesejahteraan buruh ini harus selalu diperhatikan, jangan sampai hak hak buruh terabaikan. Permasalahan inilah yang sering menjadi tuntutan para buruh kepada perusahaan saat mereka turun ke jalan.

Banyaknya laporan mengenai pemecatan buruh oleh beberapa perusahaan yang masih menggunakan sistem kontrak yang diterima olehnya menjadi satu acuan bahwa masih kurangnya perhatian pemerintah kota (Pemkot) dalam mensejahterakan kaum buruh. “Banyaknya laporan pemutusan hubungan kerja yang kami terima, menjadi acuan kami untuk meminta pemerintah kota (Pemkot) lebih memperhatikan lagi hak hak para buruh yang hingga kini masih banyak terbengkalai,” ujarnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)