Dinkes kota Depok Berhasil Turunkan Angka Kematian Bayi Tiap Tahunnya

Dinkes kota Depok Berhasil Turunkan Angka Kematian Bayi Tiap Tahunnya

HarianDepok.com – Berita , Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok dalam kinerjanya selama ini dianggap memuaskan. Pasalnya, Dinas Kesehatan kota Depok telah berhasil mengurangi angka kematian bayi dan anak dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data uanh diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok, kasus kematian bayi pada tahun 2011 mencapai 119 kasus, pada tahun 2012 kasus kematian anakpun menurun menjadi 114 kasus dan pada tahun 2013 jumlah kematian bayi turun lagi menjadi 113 kasus dan pada tahun 2014 jumlahnya merosot tajam menjadi 83 kasus saja.

Hal ini patut diberikan apresiasi, karena kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok telah berupaya dengan optimal sehingga kasus kematian bayi dan anak semakin berkurang setiap tahunnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Lies Karnawati mengatakan, pihaknya telah melakukan tindakan semaksimal mungkin untuk dapat mengurangi angka kematian bayi dan anak. “Kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi kasus kematian bayi dan anak di Depok. Kami bersyukur untuk kinerja departemen kami selama ini,” katanya.

Menurut keterangan Lies bahwa Dinkes Depok dalam memerangi angka kematian bayi dan anak dikotanya, telah melakukan berbagai upaya mulai dari memonitor setiap bayi yang baru lahir, memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada para calon orangtua untuk dapat selalu mengecek kesehatannya dan calon bayi setiap saat.

Tak hanya sampai disitu saja, para calon orangtua pun juga diberikan bimbingan dalam melakukan persalinannya, baik dari sisi kesehatan sang ibu maupun ketika akan melakukan tahap melahirkan.

Tahapan berikutnya yang dilakukan oleh Dinkes kota Depok setelah memberikan bimbingan prosesi melahirkan, para calon ibu pun juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memilih dan memberikan makanan yang baik kepada sang bayi. “Kami upayakan terus himbauan  serta saran kepada sang ibu, agar memilih makanan yang tepat serta pemberiannya,” katanya.

Upaya upaya tersebut akan terus dilakukannya beserta seluruh jajaran Dinkes Kota Depok dalam mengurangi jumlah kematian pada bayi dan anak serta resiko gizi buruk yang dapat menyebabkan kematian. “Kami senang, dengan kerja keras serta usaha kami yang maksimal telah memperkecil kasus kasus kematian bayi di Depok dari tahun ke tahun” ujarnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)