Petugas Gabungan Dari Berbagai Elemen Melakukan Aksi Bersih Bersih di Lingkungan Setu Pladen

Petugas Gabungan Dari Berbagai Elemen Melakukan Aksi Bersih Bersih di Lingkungan Setu Pladen

HarianDepok.com – Berita – Beji , Banyaknya sampah sampah liar di sekitaran kawasan Setu Pladen, membuat salah satu resapan air kota Depok ini menjadi terganggu. Selain menghambat aliran air Setu, sampah sampah tersebut juga telah menimbulkan bau yang tidak sedap karena pembusukan, hal ini juga yang membuat air Setu Pladen menjadi hitam pekat. Dengan kondisi yang seperti ini, Setu Pladen jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan salah satu RTH milik kota Depok ini akan rusak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, kepolisian dan mahasiswa dari Universitas Indonesia melakukan kerja bakti untuk membersihkan Setu Pladen dari sampah sampah tersebut yang dilakukan pada Sabtu pagi (13/06/2015).

Kondisi Setu Pladen yang airnya telah menjadi pekat kehitaman dan berbau tak menyurutkan niat mahasiswa UI membersihkan setu. Mereka beramai ramai mengangkat sedikit demi sedikit sampah sampah dari setu dengan peralatan seadanya ke gerobak gerobak penampung.

Sementara itu, pihak kepolisian kota Depok dengan dibantu warga sekitar, memangkas tanaman yang tumbuh liar di sepanjang bahu sungai yang menjadi sasaran pembuang sampah liar membuang sampahnya. Dari hasil pembabatan tanaman tersebut, warga dan polisi berhasil menemukan sejumlah tumpukan sampah yang tersembunyi di dalam kerimbunan tanaman di pinggir setu.

Hal ini sangat disayangkan oleh mereka, karena hingga kini masih banyak sekali orang orang yang tidak peduli terhadap lingkungan, padahal lingkungan menjadi faktor penting penunjang kesehatan.

Kepala Departemen Lingkungan Hidup BEM UI, Fania menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilakukannya dengan mengajak serta pihak kepolisian dan masyarakat dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada minggu kemarin. Hal ini juga dilakukannya semata mata untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Fania menjelaskan tentang pentingnya keberadaan Setu Pladen yang merupakan salah satu lokasi dimana beberapa aliran sungai kota Depok bermuara. “Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan Setu Pladen, maka banjir akan senantiasa membayangi kota Depok,” ujarnya.

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadarannya dalam menjaga lingkungan sekitar. Dengan adanya kemauan serta keikhlasan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka kota Depok akan semakin bersih dan terbebas dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh sampah.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: