Ketiak Berbulu Jorok? Ini Fungsinya

Ketiak Berbulu Jorok? Ini Fungsinya

HarianDepok.com – Kesehatan , Kebanyakan wanita pada umumnya  akan merasa tidak nyaman saat mengenakan baju tanpa lengan dengan adanya bulu di ketiak. Dan sebaliknya, mereka akan merasa lebih percaya diri jika mengenakan baju tanpa lengan saat bulu ketiaknya sudah dicukur bersih dan kulit ketiak terlihat sudah mulus kembali. Dari sudut pandang estetika sehingga membuat tidak sedikit wanita merasa memiliki kewajiban untuk mencukur habis bulu ketiaknya. Padahal, bulu ketiak diciptakan memiliki beberapa fungsi.

Seperti yang dijelaskan ahli perawatan kulit dari Haven Spa, Marta Camkiran, “Bulu ketiak mempunyai sejumlah fungsi. Mulai dari melindungi bagian tubuh yang dekat dengan arteri, mengurangi gesekan antara lengan atas dan bawah selama gerakan yang kuat, hingga sebagai pelepasan feromon seks untuk menarik lawan jenis,” ujarnya.  Seperti yang diungkapkan dokter Mona Gojara , profesor klinis dermatologi dari Yale University, Mencukur bulu ketiak sendiri mempunyai sejumlah risiko.

Contohnya dapat membuat peradangan, ruam, iritiasi serta infeksi dari pisau cukur yang kotor. Seperti yang dilansir Prevention, Senin (15/01/2015), “Kebanyakan perempuan melakukan hal  itu karena atas norma sosial. Tapi sebenarnya tidak ada alasan biologis untuk menghilangkan bulu di area ini,” ucap dokter Mona. Tidak benar juga bila disebut ketiak berbulu itu tandanya jorok. “Ketiak berbulu tidak masalah asalkan besih dan rajin merawatnya setiap hari,” tutup dokter Gojara.

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. author

    rani2 years ago

    waaah saya malahan sering dicabutin bulu ketiak mah,, gmn donk ?

    Reply

Leave a Reply