Muhammadiyah Telah Tetapkan Kapan Awal Puasa 2015 Dimulai

Muhammadiyah Telah Tetapkan Kapan Awal Puasa 2015 Dimulai

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tidak terasa bulan suci Ramadhan hanya tinggal hitungan hari. Tapi bagi masyarakat Indonesia sendiri belum mengeahui kapan jatuhnya hari pertama bulan Ramadhan. Biasanya penentuan awal bulan Ramadhan di tentukan dengan melihat hilal terlebih dulu. Namun beda halnya dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan kapan hari pertama Ramadhan dimulai. Muhammadiyah telah menetapkan tanggal satu ramadhan di tahun ini atau Ramdhan 1436 H sudah ditetapkan jatuh pada hari Kamis (18/06/2015). ketua pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsudin pun sudah menyampaikan hal tersebut,

ia meyakini jika nanti masyarakat Indonesia  secara serentak bakal mengawali puasa Ramdhan di waktu yang bersamaan. “Pada 17 Juni nanti kita sama-sama akan mengawali Sholat Tarawih, sehingga puasa akan jatuh pada 18 Juni,” ujar Din Syamsuddin, Rabu (03/06/2015). Menurut Din Syamsuddin yang juga merupakan Ketua MUI, kesamaan waktu jatuhnya awal puasa tahun ini telah sesuai dengan maklumat pendekatan hisab yang telah disebarkan ke sejumlah organisasi Islam yang ada di Tanah Air.  “Sudah diprediksi bahwa ijtima yang terjadi tanggal 16 Juni itu setelah matahari terbenam. Maka 17 Juni sudah mulai melaksanakan tarawih,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, bila awal ramadhan dilaksanakan secara bersamaan maka kemungkinan besar Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran juga akan terjadi secara bersamaan, bahkan sampai 2023 mendatang. “Oleh sebab itu kami mengimbau masyarakat untuk dapat secara bersamaan menjalankan puasa di waktu yang bersamaan,” ujarnya. Muhammadiyah sendiri telah menetapkan tanggal 1 Syawal 1436 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri 2015 jatuh pada hari Jumat (17/07/2015), pasalnya ijtima menjelang Syawal 1436 Hijriah terjadi pada hari Kamis (16/07/2015).

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok