Empat SPBU di Tol Cikapali Akan Dioperasikan Secara Bertahap

Empat SPBU di Tol Cikapali Akan Dioperasikan Secara Bertahap

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , PT Pertamina (Persero) akan segera mengoperasikan empat unit SPBU bertipe company owned developer operated (CODO) yang ada di area peristirahatan (rest area) di jalan tol baru Cikampek-Palimanan (Cipali). Diharapkan mulai dioperasikannya SPBU tersebut bisa memenuhi kebutuhan para pemakai tol Cipali yang sudah mulai beroperasi sejak Sabtu (13/06/2015) kemarin. Keempat unit SPBU itu masing-masing berada di rest area km 102 dan km 166 arah CIkampek-Palimanan, serta rest area km 101 dan km 164 arah Palimanan-Cikampek. Namun pengoperasian SPBU bakal dilakukan dengan bertahap, dimulai pada 22 Juni,-

SPBU rest area km 102 dan SPBU CODO di rest area km 101, kemudian pada 30 Juni rest area km 166, dan yang terakhir pada 7 Juli, SPBU di rest area km 164. “Dengan demikian, semua SPBU di rest area jalur tol Cikampek-Palimanan akan beroperasi sebelum arus mudik dan balik Lebaran 2015 dimulai,” ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina pada akhir pekan kemarin.  Ahmad menambahkan, peresmian serta pengoperasian SPBU di rest area jalan tol baru Cipali adalah momentum yang tepat, pasalnya di hari yang sama tol tersebut juga baru diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo agar dapat mulai beroperasi.

Menurutnya, keberadaan jalan tol Cipali setidaknya akan menggeser pola arus kendaraan dari Barat ke Timur, dari yang awalnya memakai jalur pantura  ataupun selatan dan diharapkan saat ini bisa berpindah ke jalan tol Cipali untuk mengurangi kemacetan saat musim mudik-balik lebaran. Perubahan pola arus kendaraan ini harus mendapatkan antisipasi secara tepat dengan cara dukungan layanan terhadap para pengguna jalan tol, salah satunya dengan keberadaan SPBU sebagai penunjang ketersediaan bahan bakar untuk kendaraan yang melewati jalur tol setiap sepanjang 116 km itu.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: