Berapa Lama Waktu Ideal Untuk Mengganti Seprai?

Bisa dibilang, seprai menjadi salah satu poin penting yang kerap dilupakan dirumah. Contohnya, kita sering lupan mengganti seprai. Celakanya, ini sangat berpengaruh bagi kesehatan. Lalu waktu ideal untuk mengganti seprai?

Seprai memang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Hampir sepertiga hidup kita dalam sehari disandarkan padanya.

Benda apa pun yang kotor pasti memiliki dampak buruk terutama bagi kesehatan, tak terkecuali seprai. “Kita menghabiskan sekitar sepertiga kehidupan kita untuk tidur, dan ini tercermin dalam kotoran yang kita tinggalkan di antara seprai,” ujar seorang ahli alergi anak di rumah sakit pendidikan terkemuka di London, Dr Adam Fox, seperti dilansir dailymail.

“Tubuh meninggalkan jutaan sel kulit di tempat tidur. Terlebih saat menggaruk tubuh ketika tidur. Sel tubuh akan lebih banyak tertinggal di seprai,” tambahnya.

Bahayanya, kita sering lupa kalau banyak bakteri seperti tungau berada di seprai. Jika terus menerus menghirup tungau, berbagai penyakit dapat menyerang. Penyakit itu di antaranya asma, rhintis, dan eksim.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjangkit penyakit itu ialah mengganti seprai secara teratur. Lalu, berapa kali harus mengganti seprai?

Menurut Adam, tak ada waktu yang pasti kapan harus mengganti seprai. Karena, tingkat sensitivitas setiap orang berbeda-beda. Orang dengan alergi akut bahkan harus mengganti seprai setiap hari.

Paling tidak, ganti seprai setiap dua minggu sekali. Atau maksimal satu bulan sekali. Saat mencuci seprai, gunakan air panas antara 49 hingga 60 derajat celcius. Tapi jangan gunakan teknik ini untuk mencuci seprai dengan bahan sutra. Untuk bahan itu, gunakan metode dry cleaning.

Tak hanya seprai, aksesoris pelengkap seperti bantal dan guling juga harus diganti setidaknya dua kali setahun. Tapi, untuk mencuci sarung bantal, guling, dan bedcover berbahan wol, cukup cuci dengan air dingin.

DN

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)