Idris Abdul Shomad Berambisi Jadikan Kota Depok Sebagai ‘Smart City’

Idris Abdul Shomad Berambisi Jadikan Kota Depok Sebagai 'Smart City'

HarianDepok.com – Berita , Setelah berhasil menggalakan ‘One Day No Rice’ di kota Depok, kini Pemerintah kota (Pemkot) Depok berambisi untuk menjadikan kotanya tersebut menjadi kota pintar (Smart City). Hal tersebut memang sudah menjadi target utamanya pemkot Depok sejak beberapa waktu lalu.

Posisi yang strategis dengan akses yang saling berdekatan dengan Ibukota negara dianggap sebagai salah satu faktor pendukung dalam mewujudkan kota Depok menjadi kota pintar.

Wakil Walikota Depok Aktif, KH Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa dengan mewujudkan kota Depok menjadi kota pintar pada masa mendatang, bisa menambah pemerintah untuk memaksimalkan pelayanannya kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta akses ke instansi instansi pemerintah.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat Depok adalah dengan menyediakan Hot Spot Internet gratis yang telah dipasang disepanjang Jalan Margonda beberapa waktu yang lalu.

Dengan dijadikannya kota Depok menjadi ‘Cyber City’, diharapkan bisa mengajak serta masyarakat Depok agar melek teknologi dan informasi, sehingga kota Depok kedepannya mampu bersaing dengan kota kota lainnya dan bisa menjadi kota satelit penunjang ibukota yang mandiri ekonomi.

“Depok Cyber City bertujuan membuat masyarakat Depok untuk melek informasi dan internet. Dengan internet sehat dan melek teknologi bisa menjadikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya meningkat sehingga mampu bersaing di luaran,” ujar Idris kepada rekan media dalam acara Depok ICT Award Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Sabtu (13/06/2015).

Idris dalam usahanya menjadikan kotanya sebagai Smat City kini tengah melakukan pembenahan sistem komunikasinya dengan memasang wifi gratis yang akan ditempatkan di 254 titik diseluruh wilayah kota Depok. Dengan adanya wifi tersebut diharapkannya bisa menarik minat generasi muda dan masyarakat luas untuk mau belajar serta mengembangkan wawasannya dalam hal IPTEK.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Septriana Tangkari mengungkapkan dengan dikembangkannya suatu kota menjadi kota pintar, akan mempermudah komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Selain itu manfaat lainnya menjadikan kota sebagai kota pintar adalah memudahkan masyarakatnya untuk mendapatkan informasi, sehingga pelayanan publik di suatu instansi pemerintah menjadi lebih maksimal. “Banyak keuntungannya menjadikan kota sebagai kota pintar,” ujarnya.

Tak hanya pemerintah kota Depok saja yang ingin menjadikan kotanya sebagai kota pintar, Pemkota Bandung, Surabaya pun juga ingin menjadikan kotanya sebagai kota pintar. “Smart City bisa menghemat biaya dan bisa menjadikan masyarakat melek Teknologi dan Informasi,” tandasnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)