Bra Terlalu Ketat Picu Timbulnya Kanker Payudara

Bra Terlalu Ketat Picu Timbulnya Kanker Payudara

HarianDepok.com – Kesehatan , Tidak sedikit perempuan mengetatkan bra yang dikenakan demi membuat payudara sehingga terlihat lebih berisi. Namun sayang, hal tersebut justru akan menimbulkan hal yang tidak baik untuk kesehatan bahkan dapat memperbesar risiko kanker payudara. Sejumlah peneliti dari University of Harvard belum lama ini menyimpulkan bahwa pemakaian bra yang terlalu ketat dapat membuat sirkulasi darah terhambat dan bisa merusak jaringan getah bening.

Menurut hasil penelitian itu, nutrisi dan dan yang terkirim ke sel-sel di sekitar payudara menjadi berkurang, padahal racun-racun masih terjebak di sana. Kondisi seperti ini biasa terjadi terhadap perempuan yang menggunakan bra lebih dari 12 jam per hari serta perempuan yang tidur memakai bra. Seperti yang dilansir laman Times of India, Jumat (12/06/2015),sedangkan temuan lainnya, perempuan kelas menengah berada pada risiko tinggi terkena dampak buruk ini karena mereka terlalu lama di luar untuk bekerja.

Seperti penjelasan dokter Mody ,”Alasan utama kenapa bra yang sangat ketat buruk bagi kesehatan payudara adalah karena mereka membatasi aliran getah bening di payudara Anda. Biasanya cairan getah bening mencuci keluar bahan limbah dan racun di payudara, namun bra yang ketat menghambat tindakan ini, sehingga racun bisa mulai menumpuk di payudara, dan yang bisa membantu kanker untuk berkembang,” ucapnya.

Onkologi, dokter MV Shah menambahkan perempuan yang mempunyai keturunan kanker payudara dalam keluarga mereka harus sangat hati-hati. “Bra yang ketat dapat menghambat kerja tubuh yang biasanya membersihkan diri dan menyingkirkan sel-sel kanker dan racun seperti benzene, dioksin dan bahan kimia karsinogenik lain yang menempel pada jaringan lemak tubuh seperti payudara, “ujarnya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: